Penerapan Metode Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Sub Tema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NW Montong Mas

  • Helmi Najamudin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Wawan Mulyadi Purnama
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Tema 4 Sub Tema 1 Jeni-jenis Pekerjaan di Kelas IV MI NW Montong Mas, hasil belajar yang rendah, guru kurang memotivasi siswa atau proses pembelajaran yang kurang menarik dan sarana pembelajaran yang terbatas. Adapun pemecahan masalah yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui penerapan metode kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar 2). Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model Number Heads Together (NHT) dan 3). Untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan metode Number Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau obsevasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui Observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NW Montong Mas Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun variable dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada tema 4 sub tema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MI NW Montong Mas dengan menggunakan metode kooperatif tipe NHT. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa pada Tema 4 Sub Tema 1 Jenis-jenis Pekerjaan mengalami peningkatan, hal itu ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, pada siklus I (53,85%) artinya ketuntasan secara klasikal belum tercapai, dan pada siklus II (92,30%), artinya ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran NHT mempunyai dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI NW Montong Mas. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khususnya pada Tema 4 Sub Tema 1 Jenis-jenis Pekerjaan bahwa pembelajaran model NHT perlu diterapkan dan dikembangkan

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Aidin Adlan, 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Kudus: Dita Kurnia
Agus, Suprijono. 2013. Cooperative LearningTeori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelaja
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.2015.Teori Belajar DanPembelajaran.Yogyakarta.AR-Ruzza Media.
Hidayat, Isnu, 2019, 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta : DIVA Press.
Mulyasa, 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karaktristik Dan Impelementasi. Bandung : Rosda Karya.
Putra, Roseta Perdana dan Supriyono, 2014. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sajen 02 Pacet – Mojokerto” dalam JPGSD.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Saiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, 2006 Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta,.
Wiriaatmadaja, 2005.Rochiati, Metode Penelitian Kelas. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2023-09-23
Bagian
Articles