Pengaruh Metode Diskusi Langsung (Sharing) terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs NW Montong Mas

  • M. Irwan Mansyuriadi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Firad Wijaya Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Andri Afriani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstract

Abstrak Pada saat sekarang ini metode, strategi, maupun teknik mengajar guru sangat mempengaruhi minat serta keberhasilan pembelajaran siswa dikelas. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan pada sistem pembelajaran oleh guru. Penerapan strategi belajar untuk meningkatkan minat siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam  di Madrasah Tsanawiah (MTs) NW Montong Mas sebagai landasan pengembangan spiritual terhadap kesejahteraan kehidupan sosial mutlak harus ditingkatkan karena asumsinya adalah jika pendidikan agama yang meliputi Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih, Bahasa Arab yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan sosial akan terasa rukun. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa kelemahan dalam belajar Akidah Akhlak terdapat pada kurangnya variasi dalam pembelajaran, misalnya penggunaan metode yang di ulang-ulang dan sifatnya banyak cerita serta membuat jenuh atau bosan yang mengakibatkan kurangnya minat siswa dalam belajar dan membuat siswa pasif atau tidak aktif dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada pengaruh metode diskusi langsung (Sharing) terhadap minat belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NW Montong Mas. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif, dengan desain eksperimen. Pengumpulan data mengunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil analisis pos-tes uji t diperoleh sig. 0,000 < 0,05 dan diketahui bahwa t hitung > t tabel. Dari kedua hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode diksusi langsung (Sharing) terhadap minat belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NW Montong Mas tahun pelajaran. Kata kunci: Pengaruh, Metode Diskusi Langsung (Sharing), Minat Belajar, Siswa, Akidah Akhlak.

References

DAFTAR PUSTAKA
Achru, P. A. (2019). “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran”. Jurnal Idarah, III (2)

Alma, B. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ardiana, D. P. Y. et al. 2021. Metode Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Asrori, M. 2012. Psikologi Pembelajaran, Cet.I, Bandung: CV. Wacana Prima.
Gunawan, I. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Ed. I, Cet. 5. Jakarta: Bumi Aksara.
Haq, Z. T. (2019). Metode Diskusi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMPN 1 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Hariwijaya, M. Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, Yogyakarta: Parama Ilmu.
Hidayati, BQ. M. (2014). Penerapan Beberapa Hadits Tarbawy Dalam Meningkatakan Akhlakul Karimah Siswa MA TIA NW Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur.
Ilham, M. & Wijiati, I. A. 2020. Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa, Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.
Indrawan, R. & Yuniawati, P. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manjemen, Pembangunan dan Pendidikan (Revisi), Bandung: PT. Refika Aditama.
Irwan, et al. (2018). “Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar.” IQRO : Journal of Islamic Education. 1 (1)
Irwandi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran DAP (Developmentelly Approviate Practice) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas VII A di SMPN 2 Pringgasela Tahun 2015/2016. Skripsi. IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur.
Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Prenada Media Group.
Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesment, Dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini Dan Usia Sekolah. Bogor Ghalia Indonesia.
Karmila, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negri 10 Bulukumba. Skripsi UIN Alaudin Makassar.
Kusmayadi, I. 2008. Think Smart Bahasa Indonesia Kumpulan Soal Untuk Kelas X SMA/MA. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Lestari, F. et al., 2020. Memahami Karekteristik Anak, Madiun: CV. Baifa Cendikia Indonesia.
Lufri, et al. 2020. Metodologi Pembelajaran Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH.
Novianti. L & Qomariah. 2017. Ringkasan Buku: Metode Penelitian Survey. Pekanbaru: UIN Suska Riau.
Nurhasanah, S. & Sobandi, A. (2016). “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes)”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. No. 1.
Nurjannah, A. (2021). “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Journal Tarbiyah Islamiyah. 6 (1).
. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII B2 SMP IT Raudhatul Ulum Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. STIT Raudhatul Ulum Sakatiga, Palembang.
Nurtika, L. 2021. Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Banyumas: Lutfi Gilang Creative.
Poerbakawatja, S & Harahap. 2012. Ensiklopedia Pendidikan, Cet. III. Jakarta: Gunung Agung.
Pohan, A. E, Yulia, D & Husna, A. 2020. Micro Teaching Berbasis Pendekatan lImiah, Indramayu: CV Adanu Abimata.
Roflin, E. Liberty, I. A. & Pariyana. 2021. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran, Cet. I. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Rujaana, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2006 Pada Pembelajaran Akhlak Pada Siswa Kelas IX MTs Azma NW Dasan Reban Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur.
Saebani, B. A. 2008. Metode Penelitian, Bandung: Pustaka Setia.
Sardiman, A, M. 2015 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. IV. Jakarta: CV. Rajawali.
Sudirman, I. N. 2021. Modul Seminar Mata Pelajaran, Badung: Niacakra CV.
Sudiyono. 2020. Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tiwery, B. 2019. Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thingking Skills), Malang: Media Nusa Creative.
Uno. H. B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Cet. XI. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-09-29
Section
Articles