Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Produk Halal

  • Anan Permana Putra Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Novie Andriani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kata Kunci: produk halal, konsumen, faktor-faktor

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh pada konsumen dalam memilih produk halal. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi berdasarkan hasil wawancara mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk halal dengan mengacu pada beberapa teori yang berkaitan. Hasil penelitian ini bisa diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk halal adalah berasal dari faktor prinsip agama, faktor lingkungan, dan faktor kesehatan. Di sisi lain, peran pemerintah dalam menerapkan peraturan sertifikasi dan labelisasi halal juga berpengaruh dalam memudahkan konsumen memilih produk halal.
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles