Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Terhadap UMKM Pabrik Otok Mabrur Di Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan

  • Halimatus Sa'diyah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ari Yulianto Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Moh. Joko Wardana Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Atieqah Pretty Hapsari Institut Agama Islam Negeri Madura
Kata Kunci: Marketplace, Shopee, oto’.

Abstrak

Topik penelitian dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan marketplace shopee untuk meningkatkan pemasaran produk terhadap UMKM pabrik oto' Mabrur di Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Tujuan penulisan dalam penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan marketplace shopee untuk meningkatkan emasaran produk Oto' Mabrur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengn jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Program pelatihan ini bertujuan untuk membantu pemilik produksi jajanan oto' di Desa Bungbaruh meningkatkan pemasaran produk mereka melalui platform marketplace Shopee. Melalui wawancara dan sosialisasi yang terarah, pemilik usaha diberikan pemahaman mendalam dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menggunakan Shopee sebagai sarana pemasaran yang efektif. Diharapkan dengan penerapan yang berkelanjutan dari pengetahuan baru ini, penjualan jajanan oto' dapat meningkat secara signifikan dan usaha mereka dapat berkembang dengan lebih baik dalam pasar yang lebih luas. Peningkatan dalam pemasaran dan eksposur di platform Shopee diharapkan akan membuka peluang baru dan potensi pertumbuhan bisnis bagi produksi jajanan oto' di Desa Bungbaruh.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles