PENDIDIKAN KELUARGA BERBASIS GENDER PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Akhmad Fadli STAI Taruna Surabaya
Keywords: Pendidikan Keluarga, Gender dan PAI

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dimana pendidikan memiliki cakupan yang luas. Pendidikan mencakup semua pengalaman yang ada setiap fikiran manusia. Pendidikan lebih menekan dalam hal praktek yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, selain itu Pendidikan juga terfokus pada  pemikiran mengenai pendidikan. Mengingat pentingnya pendidikan peranan orang tua dalam pendidikan keluarga juga sangat penting, dimana semua pengetahuan dan pengalaman anak, baik melalui penglihatan, pendengaran, ataupun tingkah laku yang berasal dari orang tua akan berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak, untuk itu diharapkan orang tua harus mampu mendidik anak- anaknya, dan keberhasilan anak dalam masa depannya tergantung dari bagaimana cara orang tua memberikan pendidikan. Demikian pula dengan Bias Gender yang ada dalam keluarga sangat berdampak bagi psikologis anak dalam kehidupannya di masa yang akan datang. Dengan demikian untuk keberhasilan pendidikan dalam keluarga harus didukung oleh pendidikan agama Islam sebagai modal pembentukan karakter yang menghargai peedaan gender, dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anak-anaknya, karena apabila dalam satu keluarga tersebut terjadi bias gender maka hal ini akan sangat berpengaruh pada pola pikir anak-anaknya dimasa yang akan datang.
Published
2018-03-01
How to Cite
Fadli, Akhmad. 2018. “PENDIDIKAN KELUARGA BERBASIS GENDER PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”. Jurnal Keislaman 1 (1), 23-44. https://doi.org/10.54298/jk.v1i1.3345.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.