SEJARAH HADITS MAWDU’ DALAM MUSTALAHUL HADITS

  • Abdullah Abdullah STAI Taruna Surabaya
Keywords: Hadis, Maudu’

Abstract

Para ulama’ berbeda pendapat tentang kapan mulai terjadinya pemalsuanhadis, orang telah memalsukan berbagai hadis dengan motif dan tujuan yang berbedabeda,Terlebih untuk kepentingan-kepentingan tertentu orang bisa dan berani untukmembuat hadis palsu. Pengertian hadis secara istilah adalah Hadis yang disandarkankepada rasulullah SAW Secara dibuat-buat dan dusta, padahal beliau tidakmengatakan berbuat ataupun menetapkannya. Mempergunakan hadis maudu’ itu batal,dan haram meriwayatkannya kecuali terpaksa atau mengerjakan hadis itu kepada ahliilmu pengetahuan untuk diteliti. Berdasarkan data sejarah yang ada, pemalsuan hadistidak hanya dilakukan oleh orang-orang islam tetapi juga dilakukan oleh orang-orangnon islam dengan berbagai macam motif dan kepentingan anatara lain Pertentanganpolitik, usaha kaum zindik, fanatic terhadap bangsa dan suku, mempengaruhi kaumawam dan lain sebagainya.
Published
2018-03-01
How to Cite
Abdullah, Abdullah. 2018. “SEJARAH HADITS MAWDU’ DALAM MUSTALAHUL HADITS”. Jurnal Keislaman 1 (1), 133-41. https://doi.org/10.54298/jk.v1i1.3356.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.