Urgensi Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Self- Motivated Learning Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist
Abstract
Rendahnya minat siswa pada mata pelajaran Qur’an hadits sangatlah memprihatinkan, padahal pendidikan agama Islam merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi bangsa untuk dapat pemahaman, keyakinan (iman), dan mengamalkan ajaran Islam dari sumber yang utama yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits. Salah satu menyebab faktor kurangnya minat dikarenakan berkurangnya Self motivated learning pada setiap siswa. Dengan wujudnya Bimbingan konseling pada dunia pendidikan dipercaya dapat menanggulangi serta meminimalisir segala hambatan yang terjadi di dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Maka dengan ini peneliti beraksud untuk meneliti urgensi layanan bimbingan kelompok terhadap Self- motivated Learning siswa kelas VII MTs Darunna’im Rangkasbitung pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Pengumpulan data melalui tehnik observasi, pengisian kuesioner lalu diolah menggunakan SPSS dengan perolehan hasil sebesar 60.2% layanan bimbingan kelompok terbukti berpengaruh pada peningkatan Self- Motivated Learnig pada mata pelajaran Qur’an Hadits serta dengan perolehan nilai Fhitung 34.727 dengan signifikansi 0.000 < 0.05.References
Aswida, Wela, and Yarmis Syukur, ‘Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa’, Konselor, 1.2 (2012)
Bonarini, Andrea, Alessandro Lazaric, and Marcello Restelli, ‘For Self-Motivated Learning Animats’, 2006, 357–58
Daulay, Nurussakinah, Yolanda Putri Dalimunthe, Fadilla Ummi, Revianda Sofia, and Natassya Yasmin, ‘Urgensi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Saat Pandemi Di Desa Timbang Lawan’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.4 (2022), 6404–9
Enny, Septiawati, ‘UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SELF MOTIVATED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016’ (Universitas Widya Dharma, 2016)
Espinosa, Brenda Jeanett GarcÃa, Gloria Concepción Tenorio Sepúlveda, and MarÃa Soledad RamÃrez Montoya, ‘Self-Motivation Challenges for Student Involvement in the Open Educational Movement with MOOC’, International Journal of Educational Technology in Higher Education, 12.1 (2015), 91
Fahrurrozi, M., ‘Urgensi Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist’, Jurnal Penelitian Keislaman, 17.1 (2021), 39–50 <https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3369>
Hanan, H Abdul, ‘Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan Konseling Siswa Kelas VIII. C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3.1 (2017), 62–72
Meolbatak, Emiliana M, and Yulianti Paula Bria, ‘Penerapan Model Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Meningkatkan Self Motivated Learning Dan Self Regulated Learning’, Media Teknika Jurnal Teknologi, 11.2 (2016), 83–90 <https://e-journal.usd.ac.id/index.php/MediaTeknika/article/view/519>
Nasution, Zulkipli, ‘Strategi Pembelajaran Quran Hadis Dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran Alquran Hadis’, Jurnal Al-Fatih, 3.2 (2020), 269–80
Prayitno, Erman Amti, ‘Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil)’, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1995
Rasimin, M Pd, and Muhamad Hamdi, Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Bumi Aksara, 2021)
Schunk, Dale H, Paul R Pintrich, and Judith L Meece, ‘Motivation in Education: Theory, Research, and Applications’, (No Title), 2014
Serikandi, Baiq, ‘Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut’, Jurnal Paedagogy, 7.2 (2020), 78–89
Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin, ‘Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik’, Jurnal Tahsinia, 1.1 (2019), 92–100
Wulandari, Apri, and Suyadi Suyadi, ‘Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains’, Tadrib, 5.1 (2019), 51–67
Copyright (c) 2023 Siti Maftuhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).