Efektivitas Review Produk di TikTok Dalam meningkatkan Minat Beli Mahasiswa UINFAS Bengkulu Perspektif Ekonomi Syariah
Abstract
The purpose of this study is to determine the effectiveness of product reviews to buying interest of UINFAS Bengkulu students in terms of islamic economic perspective. This research uses the type of field research, with descriptive qualitative research methods. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Based on the results obtained from the research that has been conducted, it can be concluded that product reviews are very important and able to increase the buying interest of UINFAS Bengkulu students. Because, product reviews are very helpful in increasing knowledge about products that suit their needs. Meanwhile, product reviews by @Urb4bygrl in terms ofislamics perspective have fulfilled the four elements of moral values in Islamic teachings which include: Shiddiq (honest), amanah (responsible), fathanah (intelligent), and tabligh (communicative). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas review produk dalam meningkatkan tminat beli mahasiswa UINFAS Bengkulu ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa review produk sangat penting dan mampu meningkatkan minat beli mahasiswa UINFAS Bengkulu. Karena, review produk sangat membantu dalam menambah pengetahuan mengenai produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sedangkan review produk oleh @Urb4bygrl ditinjau dari perspektif syariah sudah memenuhi empat unsur-unsur nilai moral dalam ajaran islam yang meliputi: Shiddiq (jujur), amanah (bertanggung jawab), fathanah (cerdas), dan tabligh (komunikatif).References
Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Amiruddin. 2021. “Amanah Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Komparatif Tafsir Al-Misbah Dan Al-Azhar).†Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol. 11 No. 4.
Caniyago, Yulianti dan Ako. 2023. “Manipulasi Wajah Menggunakan Filter Pada Sosial Media Dalam Perspektif Islam.†AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam.
Chan, Faizal. 2019. “The Impact Of Bullying On The Confidence Of Elementary School Student.†Jurnal Pendas Mahakam Vol. 4.
Dedi Riswandi. 2019. “Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.†Jurnal Econetica Vol. 1 No. 1.
Dwiyanti, Afriza Indah Fitri dan Selvi Ainul Inayah. 2021. “Efektivitas Media Tiktok Dan Influencer Mendongkrak Penjualan Lippie Serum Raecca Dipandemi Covid19.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI) Vol. 4 No. 1.
Farizal, Ahmad. 2023. “Peranan Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat Mts Al Ihsan.†Jurnal Pendidikan Dan Keguruan Vol. 1.
Fawaid, Hamdan. 2023. “Analisis Penerapan Etos Kerja Islam Pada Karyawan Restaurant Lezat Resto Transmart Jember,.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan No. 9.
Finaka, dkk. 2023. “Orang Indonesia Makin Melek Internet.â€
Firdaus, Dede Ridho. 2023. “Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik Dan Visioner Di Pondok Pesantren.†Journal on Education Volume 05.
Handayani, Hayatun Nufus and Trisni. 2022. “STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store).†Jurnal EMT KITA Vol. 6 No. 1.
Huda, Nur Azizah Handayani dan Miftahul. 2023. “Analisis Pengelolaan Wakaf Uang Pada Dompet Dhuafa Kalimantan Timur.†JESM: JURNAL EKONOMI SYARIAH MULAWARMAN VOL. 2.
Iswan. 2019. “Pembentukan Karakter Islami Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Konsep Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, Istiqomah (STAFI).†Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam Volume 20 Nomor 2.
Khairunnisa, Athaya dkk. 2021. “Penerapan Digital Inbound Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Comtelindo Balikpapan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan†Vol. 9 No. 2.
Lenaini, Ika. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.†Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Vol. 6.
Lexy J.Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lukito, Yuan. 2016. Inovasi Teknologi Untuk Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Manzani, Astrid. 2021. “Pengaruh Penerapan Sifat Shiddiq, Amanah, Fathanah Dan Tabligh Terhadap Keberhasilan Usaha Online Shop.†Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal, Vol. 2 No. 1.
Murjiati, Wahyu. 2022. Pengaruh Iklan Pada Aplikasi Tik Tok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah IAIN Palopo. Palopo: IAIN Palopo.
Musyirifi, Zaen. 2020. “Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah Dalam Konseling Behavioral.†Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 11 No. 2.
Nabila, Sheila Mariah. 2019. “Pengaruh Review Produk Dan Brand Awareness Terhadap Trust Dan Minat Beli: Studi Kasus Review Flow Fushi Ion De Cushion Oleh Allyssa Hawadi Melalui Instagram.†Progress in Retinal and Eye Research Vol. 3 No. 1.
Nafiuddin. 2018. “Memahami Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Perspektif Bisnis Syariah.†Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam Vol.6 No.2.
Nasem. 2022. “Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Tari Sunda Melalui Aplikasi TikTok Di PAUD Permata Hati.†JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume 5 Nomor 6.
Prabawani, Isti. 2023. “Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) PadaDepartemen Inventory PT. Rimex International Indonesia Balikpapan.†Jurnal Mahasiswa Kreatif Vol. 1.
Putri, Almira Devita. 2023. “Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur.†Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) Vol .4 No. 1.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rusyana, Neni Hardiati dan Ayi Yunus. 2021. “Etika Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pelaku Usaha Sukses Dalam Perspektif Maqashid Syariah.†Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7 No. 1.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA.
Sulistiana, Abdul Mujib dan Eka. 2023. “Kemampuan Penalaran Proporsional Menurut Langrall Dan Swafford Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.†Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3.
Suwinardi. 2018. “Langkah Sukses Memulai Usaha.†ORBITH Vol. 14 No. 3.
Sya’bana, Yusron Ali. 2021. “Bisnis Ala Rasulullah Dalam Perspektif Pemasaran Business Ala Rasulullah In Marketing Perspective.†AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, Vol. 4 Issue. 2.
Wijaya, Apriando Pratama dan Alex. 2023. “Implementasi Sistem Good Corporate Governance Pada Perangkat Lunak Berbasis Website PT. Pusaka Bumi Transportasi.†Technomedia Journal (TMJ) Vol. 7.
Wiryany, Detya. 2022. “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia.†Jurnal Nomosleca, Vol. 8, No. 2.
Yulia, Nia Monika Sari dan Putri. 2023. “Kompetensi Kepribadian Guru Matematika Di Madrasah Tsanawiyah.†Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3.
Copyright (c) 2023 Shella Febriani, Eka Sriwahyuni, Faisal Muttaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).