Tinjauan Pembelajaran Fiqih Mawaris Madrasah Aliyah Tarbiah Islamiyah Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Harta waris merupakan masalah yang rawan sering menimbulkan perselisihan dan pertengkaran anta sesama keluarga, dalam beberapa budaya, anak laki-laki sering kali dianggap memiliki hak yang lebih besar atas harta warisan daripada anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran fiqih mawaris di madrasah tersebut, serta untuk menilai efektivitas metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran fiqih mawaris di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiah Islamiyah mengalami beberapa kendala, antara lain kurangnya pemahaman konsep, kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, serta kurangnya sumber belajar yang memadai. Berdasarkan hasil analisis, disarankan untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui pendekatan yang lebih praktis, mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif, dan menyediakan sumber belajar yang lebih lengkap dan aktual. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pembelajaran fiqih mawaris di madrasah tersebut.References
Aksin, Nur dkk. 2020. Sistem Pakar Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam, Walisongo Journal of Information Technology – Vol. 2 No. 2.
Aseri, Muhsin. 2022. Manajemen Pembelajaran Fiqih Di Sekolah Dan Madrasah Bagi Guru Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6, No. 2.
Darmawiyah, 2017. Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris Pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng Dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada Di Kabupaten Aceh Utara, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, VOL. 17, NO. 2.
Djalal, Maman Abd.2006. Hukum Mawaris, Bandung: CV Pustaka Setia.
Falah, Fajru. 2022. Evaluasi Media Pembelajaran Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Fiqih, Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume.11, No. 1.
Fraydika, Odik.2021. Implementasi Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN 3 Pasaman Barat, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 4, Nomor 2, Juli-Desember.
Harahap, Muhammad Yunan dkk. 2019. Strategi Penanaman Kebiasaan Beribadah Pada Anak (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Minoritas Desa Kuta Gugung Kabupaten Karo), Jurnal Al-Intiqat, Agama dan Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2.
Hidayatullah, Muhammad Kris Yuan.2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Bentuk Aplikasi EWarisMata Pelajaran Fiqih dengan Materi Mawaris, Journal of Education and Management Studies, Vol. 6, No. 4.
Irianto, 2010. Peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pelajaran mawaris melalui penerapan model pembelajaran Contextual dengan proyek di Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Medan, Tesis Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.
Kahfi, Askhabul. 2022. Hubungan Hasil Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Faraidh Dalam Pembelajaran Fiqih Mawaris, Jurnal Jendela Pendidikan, Volume 02 No 01.
Lubis, Sakban. 2023. Implementasi Pembagian Harta Warisan Di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin Serdang Bedagai, Journal Of Social Science Research, Volume 3 Nomor 2.
Lubis, Sakban.2023. Fiqih Mawaris, Memahami Hukum Waris Dalam Islam, Yogyakarta: Gren Pustaka Indonesia.
M. Athoillah, 2016. The Methods Of Teaching And Learning Fiqh In Islamic Boarding School, Islamic School And Public School,” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1, March 15.
Mawarni, Eka Br. Tarigan. 2023. Penggunaan Media Grafis Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas 9 di MTsN Karo, Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), Vol. 3 No. 4.
Muhammad Yunan Harahap dkk, Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang, JIM: Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Sejarah, Vol 8, No.2,2023.
Nurainiah, Umar Latif. 2018. Fiqh Learning For Elementary School Students in Kutamakmur North Aceh: A Study on Students’ Ability in Learning Shalat,” Al-Ta Lim Journal 25, no. 1.
Rasmuin, & Saleh, A. 2020. Pengaruh Kemampuan Siswa dalam Melakukan Operasi Bilangan Pecahan terhadap Kemampuan Menyelesaikan Persoalan Faraidh di Pesantren Al-Amanah. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, Volume 6.
Rosyad, Aminuddin.2003. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Uhamka Pres.
Saifullah, Ahmad. 2016. Pengaruh Strategi Problem-Based Lear Ning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Ma. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah, Jurnal Wahana Akademika Volume 3 Nomor 2.
Saleh, Marhamah.2013. Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning,” Jurnal Ilmiah Didaktika 14, no. 1.
Shintawati, Ariesta. 2008. Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Keaagamaan Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat” (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sy. Rohana, 2019. Efektifitas Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Fiqih, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, Vol. 11 No. 1.
Tri Qurniati, 2011. Dayah, Budaya Belajar dan Keterampilan Berbahasa Arab di Aceh Besar, Jurnal Sosial dan Keagamaan, Banda Aceh: P3KI IAIN Ar-Raniry.
Usman, Husaini dkk. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Copyright (c) 2024 Sakban Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).