Analisis Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Montessori

  • Supian Azhari STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat
  • Azizah Nurul Fadlilah STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat
  • Novi Sutrisna Astini STAI Al-Amin Gersik
  • Shopiatun Rudiah STAI Al-Amin Gersik
  • Nanik Astuti Fujianti STAI Al-Amin
  • Sumiati , Sumiati STAI Al-Amin Gersik
Keywords: Kemandirian, Montessori, Anak Usia Dini

Abstract

Kemandirian merupakan aspek yang sangat penting dan harus dikembangkan pada diri anak sejak usia dini. Penulisan Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemandirian anak melalaui metode pembelajaran Montessori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data yang meliputi peserta didik, guru, wali kelas, dan kepala sekolah TK-IT Imam Bukhori. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan terjadi perkembangan yang signifikan terhadap kemandirian anak dengan diterapkannya metode pembelajaran Montessori. Terdapat pengaruh yang positif terhadap keenam indikator kemandirian anak yang terdiri dari kemampuan fisik, bertanggung jawab, percaya diri, saling berbagi, disiplin, dan mampu mengendalikan emosi. Metode Montessori terbukti mampu memberikan kebebasan dan kesempatan mengembangkan kemandirian anak dengan hal yang sederhana sesuai dengan kebutuhan anak. Oleh karena itu, dengan menerapkan metode pembelajaran Montessori dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan sikap kemandirian pada anak.
Published
2024-06-30
Section
Articles