Implementasi Metode Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Terapan Kurikulum Merdeka

  • Rina Kurniawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Rina Kurniawati kristiana@umpo.ac.id
  • Muhammad ‘Azam Muttaqin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: Project Based Learning, Kreativitas, Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Project Based Learning (PBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita Wagir Lor yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Melalui pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi  metode Project Based Learning secara berjalan dengan baik memfasilitasi pembelajaran aktif dan berpusat pada anak. Guru berperan sebagai fasilitator, mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi ide, memecahkan masalah, dan berkolaborasi dalam proyek. Evaluasi dilakukan melalui penilaian proses dan hasil karya anak. Implementasi metode Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka berdampak positif pada kreativitas anak yang meliputi Anak-anak mampu menghasilkan karya-karya yang unik, inovatif, dan berbeda dari yang biasanya, menunjukkan kemampuan berpikir divergen dengan menghasilkan berbagai alternatif pemecahan masalah dalam proyek, berani mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru dalam proses pengerjaan proyek serta anak mampu mengekspresikan ide, imajinasi, dan perasaannya melalui karya-karya yang dihasilkan. Keunggulan metode Project Based Learning adalah mendorong keterlibatan aktif anak, pembelajaran bermakna, dan pengembangan kreativitas yang selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka.   Kata kunci: 
Published
2024-06-24
Section
Articles