Penggunaan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Waru Sidoarjo

  • Nur Fitriyanti
  • Ummi Kulsum Dosen STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter religius anak yang masih belum terbentuk, serta pemikiran orang tua dan pendidik yang hanya memfokuskan pada kegiatan akademik, tanpa memperhatikan proses pembentukan kepribadian anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak positif dan negatif komunikasi interpersonal dalam membentuk karakter religius anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa prosedur yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru dan wali murid kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Waru Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan komunikasi interpersonal merupakan rancangan kegiatan proses belajar mengajar yangmenghasilkan suatu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam membentukkarakter religius anak. Faktor pendukung dari penggunaan komunikasi interpersonal guru yaitu dirancang dengan metode bercerita dan tanya jawab. Sedangkan faktor penghambat penggunaan komunikasi interpersonal guru adalah sebagian anak masih lambat dalam berpikir sehingga penyampaiannya tidak dapat dicerna dengan baik. Dampak positif dari penggunaan komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter religius adalah anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan membentuk karakter religius anak lebih baik dari sebelumnya, sedangkan dampak negatif dari penggunaan komunikasi interpersonal guru dalam membentuk karakter religius tidak ada karena guru telah menyampaikan dengan baik kepada anak.
Published
2024-03-05
Section
Articles