Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini

  • Salma Ya Humaira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Media Tangram, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada suatu teori bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah media tangram. Berdasarkan hasil observasi di Kelompok B RA Cikapayang Kota Bandung yang menunjukkan adanya masalah pada kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Terdapat sebanyak 36% anak yang belum bisa menyebutkan nama-nama bentuk geometri serta belum mengenal ciri dari setiap bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan juga menganalisis kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan pola pretest-posttest dan diberikan perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok untuk mengetahui kemampuan mengenal bentuk geometri. Hasil dari uji dan analisis pengukuran sebelum dan juga sesudah diberikan perlakuan menggunakan media tangram diperoleh hasil dari nilai rata-rata pada pretest sebesar 60,10 dan hasil nilai rata-rata posttest sebesar 83,68. Sedangkan pada perlakuan menggunakan media kertas origami diperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 53,10 dan nilai rata-rata posttest sebesar 68,31. Terdapat perbedaan antara media tangram dengan media kertas origami terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 3,707 > t-tabel =2,028 pada taraf signifikansi 5%.   Kata kunci: media tangram, kemampuan mengenal bentuk geometri, anak usia dini
Published
2024-10-17
Section
Articles