IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Shahibul Muttaqien Al-Manduriy IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Ach Sayyi IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Sofiatul Laili

Abstrak

Implementasi pendidikan karakter di satuan pendidikan diharapkan dapat menjadi solusi akibat rusaknya moral yang banyak sekali terjadi di kalangan anak muda sehingga mengakibatkan nilai-nilai karakter mengalami kemerosotan yang tidak signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implemetasi Pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap religius siswa Madrasah Ibtidaiyah dan faktor apa saja yang mendorong dan menghambat implemetasi Pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap religius siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif, karna jenis penelitian kualitatif ini merupakan prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis ditemukan bahwa implementasi Pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap religius siswa Madrasah Ibtidaiyah yaitu dengan diadakannya sholat dhuha berjamaah dan yasin bersama di kelas sebelum memulai pembelajaran. Serta faktor pendukung ketatnya pengawasan dari wali kelas dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya sholat dhuha berjamaah dan yasin bersama.
Diterbitkan
2023-12-07
Bagian
Articles