Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Lulusan TK Al-Hidayah 72

  • Evi Maulidah IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

TK Al-Hidayah 72 dipandang sebagai TK yang mampu menciptakan lulusan-lulusan yang berkompeten dan siap dalam melanjutkan pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. Hal tersebut didasarkan pada pengakuan-pengakuan yang peneliti peroleh dari wali murid alumni TK Al-Hidayah 72. Berbicara tentang kualitas lulusan, berarti berbicara tentang standar. Standar Kompetensi Lulusan pada anak usia dini disebut sebagai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Dalam menghasilkan lulusan yang baik dan sesuai standar, tentu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Maka tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lulusan melalui pengamatan pada siswa TK B TK Al-Hidayah 72. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data yakni dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagaimana berikut: 1) Faktor-faktor yang secara dominan mempengaruhi perkembangan kognitif siswa TK Al-Hidayah 72 adalah hereditas, lingkungan, pembentukan, dan kematangan. 2) Faktor-faktor yang secara dominan mempengaruhi perkembangan moral-agama siswa TK Al-Hidayah 72 adalah situasi dan sosial. 3) Faktor-faktor yang secara dominan mempengaruhi perkembangan sosial-emosional siswa TK Al-Hidayah 72 adalah faktor usia dan lingkungan.
Published
2022-06-30
How to Cite
Maulidah, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Lulusan TK Al-Hidayah 72. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 146-158. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.2.146-158
Section
Articles