Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) Untuk Mengenalkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini di PAUD Al Barokah 1 Karang Melok Tamanan Bondowoso

  • Evi Maulidah IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

PAUD Al Barokah I merupakan satu-satunya PAUD yang menerapkan metode BMTM di wilayah Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi berkenaan dengan pelaksaan penerapan Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) untuk mengenalkan keterampilan membaca anak usia dini di PAUD Al Barokah 1. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan peneliti menggunakan purposive sampling dengan memperhatikan ciri-ciri yang telah ditentukan. Metode pengumpulan data yakni dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian didapatkan data bahwa langkah-langkah penerapan metode BMTM di PAUD Al Barokah I telah terakumulasi melalui modul yang dibagi menjadi 6 jilid. Sedangkan media yang digunakan adalah modul dan kartu yang bertuliskan suku kata. Dengan media tersebut, khususnya media kartu, ada banyak sekali permainan yang dapat dilakukan.
Published
2024-01-31
How to Cite
Maulidah, E. (2024). Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) Untuk Mengenalkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini di PAUD Al Barokah 1 Karang Melok Tamanan Bondowoso. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 68-85. https://doi.org/10.53515/cej.v5i1.5510
Section
Articles