Implementasi Permainan Tradisional Lempar Karet Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini

  • Anysha Pratiwi Yuliska Candra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti UPI Serang

Abstract

Bagi anak usia dini, pembelajaran matematika dirasa sebagai pelajaran yang menyulitkan. Maka dari itu diperlukan media yang dapat membuat anak merasa nyaman menerima pembelajaran tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru maupun orang tua adalah dengan sebuah permainan. Saat ini anak-anak lebih memilih permainan menggunakan gadget, padahal masih banyak permainan-permainan tradisional yang dapat dimainkan serta bermanfaat bagi aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan mendapatkan analisis mengenai implementasi permainan tradisional lempar karet dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Penelitian ini memanfaatkan desain penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan permainan tradisional lempar karet dianggap cukup efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada anak usia dini Kata kunci: Anak Usia Dini, Matematika Untuk Anak Usia Dini, Permainan Tradisional Lempar Karet
Published
2022-06-30
How to Cite
Anysha Pratiwi Yuliska Candra, & Lizza Suzanti. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Lempar Karet Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 56-63. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.2.56-63
Section
Articles