Model Pendidikan Anak Usia Dini Berwawasan Bilingual (Studi Kasus Di TK Tunas Zaitun Banyuwangi)

  • Armina M Universitas Tadolako
  • Nur Istiana Makarau Universitas Tadolako
  • Salman Salman Universitas Muhammadiyah Riau
  • Luluk Mukaromah Universitas KH. Ahmad Muzakki Syah Jember

Abstrak

Alasan penelitian ini adalah globalisasi yang mengharuskan setiap orang untuk bisa berbahasa Inggris.Tujuannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang beragamnya budaya masyarakat global. Artinya, anak dapat menerima pembelajaran bilingual sejak dini tanpa melupakan bahasa ibu Indonesianya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di TK Tunas Zaitun Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Bilingual di TK Tunas Zaitun Banyuwangi (2) Implementasi Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Bilingual di TK Tunas Zaitun, Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil investigasi mengungkapkan bahwa konsep pembelajaran bilingual di TK Tunas Zaitun Banyuwangi adalah pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sehingga peserta didik dapat berbicara dan memahami dua bahasa. Pemberian materi bilingual bervariasi berdasarkan usia dan tingkat kelas. Dampak dari pembelajaran bilingual adalah siswa berbicara dua bahasa yang mudah dan memperoleh kosakata bahasa Inggris dan Indonesia di lingkungannya.
Diterbitkan
2025-01-31
Bagian
Articles