PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDLESS PICTURE BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-AZKA KOTA JAMBI

  • Delvia Nurvitasari Universitas Jambi
  • Indryani Universitas Jambi
  • Asih Nur Ismiatun Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian Pengaruh Penggunaan Media Wordless Picture Book Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi yang belum berkembang secara optimal diantaranya yaitu anak baru mampu menceritakan gambaran tokoh utama namun belum mampu menginterpretasikan detail gambar lain yang ada dalam buku cerita, anak belum mampu bercerita secara runtut atau masih terbolak-balik, dan anak belum mampu memahami makna atau konsep-konsep dalam buku cerita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordless picture book terhadap kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi, dengan fokus pada menyesuaikan cerita dengan gambar, menceritakan gambar sesuai dengan urutannya kemudian mengaitkan dengan pengalaman/imajinasinya, menyusun kalimat sederhana saat bercerita dan memahami konsep-konsep dalam buku cerita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi, dengan sampel sebanyak 16  anak dari kelompok B3 yang dipilih berdasarkan pertimbangan kemampuan bercerita yang lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan menggunakan instrument penelitian yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan uji wilcoxon signed rank test diketahui bahwa niali Z adalah -3,533 dengan nilai signifikaisnya (Asymp. Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh penggunaan media wordless picture book dapat dilihat dari effect size Cohen’s d yaitu [d = 4,41 ] yang menunjukkan bahwa penggunaan media wordless picture book memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi pada data pre-test dan post-test.
Diterbitkan
2025-06-30
Bagian
Articles