Manajemen Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Islam
(Studi Fenomenologi di Madrasah Diniyah Al-Falah)
Abstrak
Kemajuan lembaga pendidikan tak bisa dilepaskan dari kurikulum yang merupakan ruh dari pendidikan itu sendiri. Kurikulum harus terus dikembangkan sesuai perkembangan zaman yang terus maju tak terkecuali di lembaga pendidikan islam, yakni pesantren dan madrasah diniyah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Falah yang merupakan lembaga naungan pondok pesantren Al-Falah. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, kurikulum di madrasah diniyah Al-Falah dikembangkan dengan melibatkan semua pihak akan tetapi penerapan manajemennya kurang optimal ditandai dengan tidak adanya langkah-langkah fungsi manajemen; Kedua, pengembangan kurikulum yang dinamis yang menyesuikan dengan kebutuhan masyarakat disertai dengan adanya sumber daya manusia yang memahami konsep pengembangan kurikulum khususnya pada pendidikan pesantren.
Diterbitkan
2021-09-20
##submission.howToCite##
Muhdar Afandi, M. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum di Lembaga Pendidikan Islam : (Studi Fenomenologi di Madrasah Diniyah Al-Falah). Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(2), 62-70. https://doi.org/10.54471/njis.2021.2.2.62-70
Terbitan
Bagian
Articles