Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa

  • Ahmad Musaddad STAI Cendekia Insani Situbondo
  • Uswatun Hasanah STAI Cendekia Insani Situbondo
Kata Kunci: Kompetensi, Guru, Kelas, Minat, Belajar

Abstrak

Sebagai sebuah sumbangsih terhadap pendidikan Indonesia, beberapa lembaga pendidikan terus bersaing dalam meningkatkan mutu lulusan untuk mencapai standarisasi yang dikeluarkan pemerintah melalui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Demikian pula persaingan antara sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Madrasah Aliyah Al-Cholily Sumber kolak Panarukan Situbondo. Hasil penelitian ini adalah 1) Guru mata pelajaran fiqih aktif datang lebih awal, dan selalu menepati janji kepada siswanya; 2) Guru berkomunikasi dan mengenal baik karakter siswanya. 3) Guru menguasai materi dengan baik. 4) Guru berpenampilan rapi. 5) Guru tidak hanya mengguanakan konsep pembelajaran tekstual, tetapi juga menggunakan konsep pembelajaran kontekstual dalam menyampaikan materi di kelas. Semnatara Hambatan guru dalam mengelola kelas terhadap minat belajar siswa yaitu: 1) Siswa sulit diatur. Hal ini ditandai dengan adanya sebagian siswa yang masih sering keluar-masuk kelas, dan bahkan ada yang tidak kembali ke kelas. 2) Kurangnya sarana prasarana yang memadai di dalam kelas, seperti halnya tidak adanya LCD proyektor yang dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar di kelas.
Diterbitkan
2022-03-20
Bagian
Articles