Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pesantren Darunnajah Al-Mas’udiyah Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Uswatun Hasanah STAI Denpasar
  • Sudarsono STAI Denpasar Bali
  • Nur Wahyudi STAI Denpasar Bali
Kata Kunci: Menejemen, Kurikulum, Pesantren, Karekter, Santri

Abstrak

Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar dan mempunyai kekhasan tersendiri, kiai sebagai figure pemimpin dan santri sebagai objek yang diberikan ilmu agama dan asrama sebagi tempat tinggal para santri. Pendidikan bertujuan untuk membina warga negara agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam dan menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua aspek kehidupannya serta menjadikannya sebagai orang yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan manajemen kurikulum pesantren Darun-Najah Al-Mas’udiyah Denpasar dalam membentuk karakter santri. Hasil penelitian kualitatif ini menunjukkan dalam perencanaan kurikulum pesantren, ketua Pesantren Darun Najah Al-Mas’udiyah Denpasar melakukan program kerja, Pelaksanaan kurikulum pesantren bertujuan untuk melaksanakan kurikulum yang telah direncanakan hal ini terlaksananya hasil dari perencanaan kurikulum pesantren tersebut, Evaluasi merupakan hasil akhir dari sebuah manajemen, dalam Pesantren Darun Najah Al-Mas’udiyah Denpasar evaluasi rutin dilakukan dalam satu bulan sekali atau triwulan.
Diterbitkan
2021-09-20
Bagian
Articles