Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Al-Falah
Kata Kunci:
Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja, Guru, Sekolah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Al-Falah. Adapun metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik atau guru. Kunci informan ini adalah bagaimana kepala sekolah dalam mengawasi dan mengembangkan kinerja guru baik itu secara langsung maupun melalui Waka Kurikulum. Prosedur pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Al-Falah sudah baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sangat berkontribusi dengan baik terhadap kemajuan kualitas pendidikan di mana kinerja para tenaga pendidik atau guru merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan.
Diterbitkan
2022-08-13
##submission.howToCite##
Hotima, H., & Sa’diyah, H. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Al-Falah. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(1), 24-44. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.1.24-44
Terbitan
Bagian
Articles