PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PAI SECARA DARING DI SEKOLAH ADHI MEKAR INDONESIA
Kata Kunci:
Manajemen Kesiswaan, Aktivitas Belajar
Abstrak
Manajemen kesiswaan secara bahasa adalah segala hal yang berkaitan dengan pengaturan peserta didik di sekolah, bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan sekolah sehingga berkembang pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik melalui penyaluran aspirasi harapan dan pemenuhan kebutuhan. Ruang lingkup manajemen kesiswaan dalam proses pembelajaran adalah mengatur kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik, pengelompokan peserta didik, bimbingan dan monitoring. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengkaji tentang (1) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan terhadap aktivitas belajar PAI secara daring di SD AMI Denpasar Bali.(2) Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi manajemen kesiswaan terhadap aktivitas belajar PAI secara daring di SD AMI Denpasar Bali. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan responden siswa beragama islam yang ada di SD AMI Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan manajemen kesiswaan terhadap aktivitas belajar PAI secara daring di SD AMI Denpasar, diketahui thitung > ttabel, yaitu 2.662 > 1.717, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya koefisien korelasi bermakna/signifikan 2) variabel manajemen kesiswaan (X) memiliki kontribusi secara simultan sebesar 19.6% terhadap variabel aktivitas belajar (Y) yang tergolong rendah dan selebihnya yaitu 80.4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Diterbitkan
2024-11-28
##submission.howToCite##
Sudarsono, & Ayu Amelia. (2024). PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PAI SECARA DARING DI SEKOLAH ADHI MEKAR INDONESIA. Nusantara Journal of Islamic Studies, 4(2), 30-41. https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.2.30-41
Terbitan
Bagian
Articles