MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM

(STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM NGESONG- SENGON JOMBANG)

  • Khusnul Hotimah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia
Kata Kunci: Mutu Lembaga, Prinsip Manejemen, An-Nafira

Abstrak

Program Pembelajaran Bahasa Arab adalah salah salah satu Program pembelajaran yang sering diajarkan dan dikaji pada Lembaga Pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Darussalam Ngesong-Sengon Jombang adalah salah satu Pondok Pesantren yang melaksanakan Program pembelajaran Bahasa Arab, dan menjadikan salah satu syarat dalam kenaikan kelas pada madrasah diniah Awaliah, Wustho dan Ulya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen Program pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Ngesong-Sengon Jombang. Majunya suatu lemabaga Pendidikan Bahasa Nafira pondok pesantren Darussalam sengon jombang ditentukan oleh kualitas sumber daya manusinya dan didukung dengan penerapan konsep menejemen yang baik. Konsep manajemen dimulai dari perencanaan dan pengambilan keputusan ( Planning ), Perorganisasian ( organizing ), kepemimpinan (leading) dan pengendalian (controlling). Hal tersebut yang akan dibahas dalam penelitian ini khususnya hal yang berkaitan dengan manajemen lemabaga An-Nafira. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan Deskriftif Kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, foto, video, dokumen dan brosur-brosur kemudian membanding-bandingkan, mengkombinasikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Bahasa NAFIRA telah  melaksanakan peran strategis bagi kemajuan umat dan bangsa dengan menerapakan sistem pola manajemen dengan baik.
Diterbitkan
2024-11-28
Bagian
Articles