PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK INVESTASI LOGAM MULIA (Studi Kasus Pegadaian Unit Pembiayaan Cabang Kotaanyar)
Keywords:
Promosi, kualitas pelayanan, investasi logam mulia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat investasi logam mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar, bauik secara partial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda melalui uji statistik uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Nilai t hitung untuk promosi 168.415 > dari nilai t tabel 1,987, sehingga Variabel promosi secara signifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk investasi logam mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar. 2). t hitung untuk kualitas pelayanan adalah 487.071 > t tabel 1,987, sehingga Variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah untuk investasi logam mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar. 3). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F hitung 6.887 > f tabel 3.10, sehingga Variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah untuk investasi logam mulia di PT Pegadaian Unit Pembiayaan Kotaanyar.References
Al Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al – Munir. Penerjemah : Abdul Hayyie Al Kattani, dkk. Jakarta : Gema Insani. 2016.
Ahmad, Mustaq. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al – Kutsar. 2001.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2008.
Mulyo. Kamus Kimia. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2005.
PT Pegadaian (persero). Berkomitmen pada Ekonomi Kerakyatan UntukMewujudkan Asa Bangsa. 2016
Rahman, Abdul Shaleh dan Muhib. Psikologi Suatu Pengantar (DalamPersepektif Islam).Jakarta : Kencana. 2004.
Rosyidah, Ummu. Minat Masyarakat Berinvestasi Emas pada Pegadaian Syariahdi Lombok. Jurnal (MataramIAIN Mataram). 2014.
S. Nasution. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Bandung : Jemmars.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pres. 2008.
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.2011.
Sugiono. Metodelogi Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta. 2006.
Sugiyono. Motode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta. 2018.
Sunyoto, Danang. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi, DanKasus. Yogyakarta : Caps.2013.
Sunyoto, Danang. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS. 2015.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.
Ahmad, Mustaq. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al – Kutsar. 2001.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2008.
Mulyo. Kamus Kimia. Jakarta : PT. Bumi Aksara. 2005.
PT Pegadaian (persero). Berkomitmen pada Ekonomi Kerakyatan UntukMewujudkan Asa Bangsa. 2016
Rahman, Abdul Shaleh dan Muhib. Psikologi Suatu Pengantar (DalamPersepektif Islam).Jakarta : Kencana. 2004.
Rosyidah, Ummu. Minat Masyarakat Berinvestasi Emas pada Pegadaian Syariahdi Lombok. Jurnal (MataramIAIN Mataram). 2014.
S. Nasution. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Bandung : Jemmars.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pres. 2008.
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.2011.
Sugiono. Metodelogi Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta. 2006.
Sugiyono. Motode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta. 2018.
Sunyoto, Danang. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi, DanKasus. Yogyakarta : Caps.2013.
Sunyoto, Danang. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS. 2015.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran.Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.
Published
2020-02-27
How to Cite
Nasrifah, M. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK INVESTASI LOGAM MULIA (Studi Kasus Pegadaian Unit Pembiayaan Cabang Kotaanyar). Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(2). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3634
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Economic: Journal of Economic and Islamic Law
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).