PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT

  • villatus Sholikhah
Keywords: Pesantren, Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat

Abstract

Pesantren memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan lembaga lainnya. Pesantren diyakini sebagai lembaga sub kultur dan institusi  kultural, sehingga pesantren banyak mempengaruhi realita kehidupan yang dihadapi masyarakat. Di antara pengaruh pesantren terhadap masyarakat adalah pada aspek pemberdayaan ekonomi umat. Pemberdayaan dan pengembangan ekonomi umat merupakan sesuatu yang sangat signifikan, karena akan membuat umat sejahtera. Terdapat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pesantren telah berkontribusi secara realistis. Salah satu pesantren yang telah melakukan pemberdayaan ekonomi, yaitu: Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciburial Bandung Jawa Barat, Pesanteren Darul Hijrah Kalimanta Selatan, Pesantren Hidayatullah Kalimantan Timur, Pesantren Nurusshabah NTB, Pesantren Walisongo Lampung, Pesantren An-Nur 1 Jatim, Pesantren Sabilul Hasanah Sumatera Selatan, Pesantren Modern Al-Kautsar Pekanbaru, Pesantren Darul Arafah Deli Serdang Sumatera Utara dan Pesantren Nurul Yaqin SM Sumatera Barat. Implikasi secara umum, pesantren sudah melakukan berbagai upaya untuk menghadapi arus globalisasi yang sangat cepat dan pesat. Pemberdayaan umat adalah merupakan sesuatu hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. Sedangkan implikasi secara khusus, terdapat 6 pondok pesantren sudah melakukan banyak pengembangan ekonomi umat. Selain itu, penerapan prinsip-prinsip manajemen yang berkaitan dengan POAC sudah mulai melibatkan berbagai elemen (kyai, keluarga kiai, pengurus, santri, alumni, umat, dan pihak lain).

References

A'la, Abdul. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara.
Anam, Nurul. 2013. Pendidikan Anti Korupsi di Pesantren: Konsep Nilai dan Desain Pembelajaran, Proceding Internasional di acara Internasional ICON IMAD 3 UIN Pasca Bandung dan Universitas Malaya Malaysia 2013.
------------------. 2016. Instructional of Character Education in the Context of Irfani-Akhlaqi Tasawuf, Proceding Internasional pada Acara Internasional Conference on Education (ICE) di Graduate School State University of Malang pada Tanggal 22-24 Nopember 2016.
Azizi, A. Qodri. 2004. Membangun Fondasi Ekonomi Masyarakat (Meneropong Prospek Berkembangnya Ekonomi Islam), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chapra, M. Umer. 2000. Islam dan Perkembangan Ekonomi, Jakarta: Gema Insani Press.
Devin, dkk. 2007. Strategi Pesantren Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat: Studi Atas Pemberdayaaan Ekonomi Masyarakat di Pondok Pesantren Al-Ishlah Mayang Jember Tahun 2007, Laporan Peletian P3M STAIN Jember, Jember: STAIN.
Dhofier, Zamahhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Effendi, Bachtiar. 1985. Nilai Kaum Santri. Dalam M. Dawam Rahardjo (ed.); Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari Bawah, Jakarta: LP3ES.
Haedari, Amin dkk. 2004. Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press.
Kontowijoyo. 1991. Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan.
Muin M, Abdul dkk. 2007. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat, Ed. Choirul Fuad Yusuf dkk., Jakarta: CV. Prasasti.
Mutohar, Ahmad dan Nurul Anam. 2013. Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan STAIN Jember Press.
Naqvi, Syed Nawab Haider. 2003. Menggagas Ilmu Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rofiq dkk. 2005. Pemberdayaan Masyarakat (Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan). Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara Yogyakarta.
Sayyidah dan Nurul Anam. 2017. Improvisasi Pesantren Sebagai Subkultur di Indonesia, Jurnal Al-Qodiri Vol 12 No.1 2017.
Taqdir, Sutan Ali Sahbana. 1997. Pergulatan Dunia Pesantren, Jakarta: Piramida Press
Published
2020-02-29
How to Cite
Sholikhah, villatus. (2020). PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 9(1). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/3639
Section
Articles