Implementasi Kurikulum 2006/KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
Abstract
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Metode penelitan yang digunakan jenis kualitatif dengan jenis studi kepustakaan yang dimana data diambil dengan sumber referensi beberapa buku yang terkait dengan kurikulum dan unsur-unsurnya. Adapun hasil yang telah diskusikan dalam hal ini adalah KTSP merupakan batu loncatan kemajuan pendidikan. Dengan kebijakan baru mi, sekolah hisa membuat silabus, kurikulum. dan indikator—indikatornya sendiri. Mesti menentukan silahusnya sendiri namun standar kompetensi dan isinya harus sesuai dengan yang telab ditetapkan pemerintah.
Published
2017-06-24
How to Cite
Mustofa, M., & Musri’ahM. (2017). Implementasi Kurikulum 2006/KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). INTAJUNA : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1-16. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/intajuna/article/view/4115
Section
Library Research