Analysis of Factors Driving Customer Satisfaction in Murabahah Financing at BMT Tanjung Paiton Probolinggo

  • Sri Yuniati Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie Besuki Situbondo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil analisis faktor-faktor yang mendorong kepuasan nasabah dalam pembiayaan murabahah di BMT Tanjung Paiton Probolinggo. Untuk mempermudah proses penelitian, maka proses penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap orientasi atau tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis datanya menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Teknik validitas data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependalibity, dan uji comfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Tanjung Paiton Probolinggo sangat memperhatikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah dalam melakukan pembiayaan di BMT Tanjung Paiton Probolinggo memiliki beberapa faktor. Di antara faktor tersebut, yaitu: 1) prosedur dan pelayanannya tidak merumitkan nasabah BMT Tanjung Paiton Probolinggo; 2) apabila terdapat permasalahan di antara pihak BMT Tanjung Paiton dengan para nasabahnya, maka keduanya memakai sistem kekeluargaan; 3) bahasa pengantar menggunakan bahasa Madura, sehingga enak untuk berkomunikasi; 4) ujroh BMT Tanjung Paiton Probolinggo terjangkau hanya 1,5%; 5) BMT Tanjung Paiton Probolinggo tidak memberlakukan denda apabila pembayaran angsuran telat; dan 5) akad akan yang digunakan dalam proses pembiayaan di BMT Tanjung Paiton Probolinggo menggunakan akad rohn.
Diterbitkan
2022-03-21
Bagian
Articles