The Customer's Main Considerations in Choosing an Educational Institution Viewed from the Elements of the Marketing Mix at Amanatollah Gambiran Junior High School Banyuwangi

  • Samsul Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Ahmad Sibawayhie Besuki Situbondo

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pertimbangan pokok pelanggan dalam memilih lembaga pendidikan ditunjau dari elemen bauran pemasaran di SMP Amanatollah Gambiran Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Hasil penelitiannya menunjukkan: 1) produk/program yang diberikan SMP Amanatollah Gambiran terhadap pelanggan adalah lembaga yang berbasis pondok pesantren, program tahfidz, mempelajari ilmu umum dan agama serta membentuk karakter santri berakhlaqul karimah; 2) physical evidence/bukti fisik atau sarana dan prasarana SMP sudah lengkap dan diminati oleh pelanggan pendidik sehingga mereka mendapatkan kepuasan; dan 3) price/harga  sebasar Rp 500.000  yang ditentukan pihak yayasan dapat diminati para pelanggan pendidik karena terjangkau dan diminati semua kalangan masyarakat.
Diterbitkan
2022-03-21
Bagian
Articles