Implementasi Digital Saving Dalam Memperbaiki Mutu Layanan Pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember

  • Sofi Sofi UIN KHAS JEMBER
  • Putri Ayu Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis bagaimana Implementasi digital saving dalam memperbaiki mutu layanan pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember serta mengidentifikasis hambatan, kekurangan serta kelebihan  digital saving dalam memperbaiki mutu layanan pada BRI KC Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sepenuhnya digital saving BRI KC Jember diterapkan dengan maksimal melalui web bukarekening.bri.co.id yang sesuai dengan teori e-service quality. Hambatan yang dialami BRI KC Jember yaitu dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal terletak pada faktor data diri nasabah yang belum terdaftar di Dispenduk Capil sehingga menghambat proses pembuatan rekening digital saving. Faktor eksternalnya sinyal dan handphone yang digunakan  nasabah kurang mendukung atau memori HP nasabah penuh. Kekurangannya nasabah yang ktpnya baru dan nasabah yang sudah berumur belum bisa membuat rekening digital saving. Kelebihan digital saving yaitu Butaplus dan katplus menjadi efisien tanpa kartu dan transaksi lebih cepat. Kata kunci: Manajemen Pemasaran, Digital Saving, Kualitas Layanan Elektronik.
Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Articles