Strategi Pemasaran Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Batik Desa Sidomulyo Kabupaten Jember)

  • Noga Riza Faisol IAI Al-Qodiri Jember

Abstrak

Bauran pemasaran merupakan kombinasi dan empat variable yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Variable-variabel tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok utama yang dikenal dengan 4P yaitu: Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), Place (Tempat/ Distribusi). Fokus penelitian dalam jurnal ini adalah 1). Bagaimana strategi pemasaran UMKM Batik Desa Sidomulyo kabupaten jember di masa pandemi COVID-19. 2). Apa kendala yang dihadapi UMKM Batik Desa Sidomulyo kabupaten Jember di masa pandemi COVID-19. 3). Apa solusi dari kendala yang di hadapi UMKM Batik Desa Sidomulyo Kabupaten Jember di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research), Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik atau metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Strategi pemasaran UMKM Batik Desa Sidomulyo Kabupaten Jember menggunakan analisis segmentasi pasar dengan melihat cara konsumen berpakaian dan cara konsumen berbicara, dan menggunakan bauran pemasaran marketing mix diantaranya yaitu : Strategi produk, UMKM Batik Desa Sidomulyo menjaga kualitas produk baik dari proses pewarnaan, pencantingan, dan motif untuk kualitas kain tergantung permintaan konsumen. Serta produk yang dihasilkan merupakan produk yang tahan lama (durable goods).
Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Articles