Strategi Bertahan Home Industry Kopyah Abu Imam Pasuruan

  • Dewi Mumpuni Yudowati STEBI Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
  • Unia Ningsih Stebi Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan

Abstrak

Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa dihindari, maka dari itu jika ingin terjun ke dalam dunia bisnis dibutuhkan persiapan diri atau strategi bertahan untuk menghadapi para pesaing bisnis lainnya. strategi bertahan merupakan beberapa cara yang digunakan oleh seseorang, atau sekolompok orang untuk mempertahankan eksistensi kediriannya yang bernilai atau dianggap bernilai, baik yang bersifat material maupun non material (Haviland:36). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Menurut Lex J Moleong (2013). Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang suatu fenomena didalam suatu masyarakat tanpa menggunakan proses pengukuran dan perhitungan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi atau pengamatan, wawancara dengan informan kunci, dan dokumentasi yang mendukung proses penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis, dapat dilihat bahwa strategi bertahan terbaik yang harus dilakukan saat ini adalah menerapkan strategi SO (strength opportunities). Strategi ini dilakukan untuk memanfaatkan kekuatan perusahaan guna menangkap peluang yang dimiliki perusahaan. Menggunakan media promosi yang tepat sasaran yaitu media promosi dengan jaringan internet karena media promosi dengan jaringan internet sangat tepat digunakan pada era modern, konsumen dapat mengakses permintaannya dengan mudah dan fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Peneliti berharap agar pengusaha lebih memperhatikan permasalahan persaingan dan hambatan pada home industry agar dapat bersaing dengan industry besar. Kata Kunci : Strategi Bertahan, Analisis SWOT
Diterbitkan
2023-09-14
Bagian
Articles