Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Usaha Rara Laundry

  • Inna Ludvia Rahmadani Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Nurita Kustiari Ningrum Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

Abstrak

Loyalitas merupakan komitmen dari seorang pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang diukur dengan pembelian ulang. Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama sebuah perusahaan, untuk menarik pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lapangan mengenai strategi mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi mempertahankan loyalitas pelanggan pada usaha Rara Laundry dikatakan sudah baik, karena sesuai dengan teori strategi membangun loyalitas pelanggan. Namun pada kenyataannya, dengan strategi yang sudah bagus belum dapat mempertahan loyalitas pelanggan. Disimpulkan bahwa faktor pendukungnya belum sepenuhnya mempertahankan loyalitas pelanggan. Sedangkan faktor penghambat dari pihak eksternal yang lebih mendominasi terhadap tingkat loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Strategi, loyalitas.
Diterbitkan
2023-09-29
Bagian
Articles