ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BPRS BHAKTI SUMEKAR MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENARIK MINAT NASABAH
Abstrak
Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pelaku ekonomi terkhusus pada setiap lembaga keuangan. karena dengan adanya kegiatan pemasaran tersebut maka tujuan suatu perusahaan atau organisasi maupun lembaga bisa tercapai. Serta tidak dapat dipungkiri perubahan akan globalisasi tekhnologi yang tidak dapat dihindari menuntut setiap perusahaan, lembaga maupun organisasi untuk lebih peka sehingga mendorong kekreatifan dan inovasi seseorang dalam proses pemasaran agar tidak tertinggal oleh masa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis digital marketing yang diterapkan oleh BPRS Bhakti Sumekar sebagai strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai strategi pemasaran BPRS Bhakti Sumekar melalui digital marketing dalam menarik minat nasabah serta dampak pemasaran yang dilakukan BPRS Bhakti Sumekar melalui digital marketing terhadap jumlah nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif deskriptif dengan sumber data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sesuai analisis data yang dikemukakan oleh teori Miles dan Huberman. Sedangkan informan dalam penelitian ini berasal dari pihak marketing dan nasabah BPRS Bhakti Sumekar. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi tekhnik yaitu menguji kreabilitas data dari data yang diperoleh dengan wawancara lalu di cek dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Bhakti semuker melalui digital marketing dalam menarik minat nasabah dengan cara melakukan promosi diberbagi media sosial seperti instagram, facebook, website, videotron, dan juga tiktok. Digital marketing BPRS Bhakti Sumekar berdampak terhadap peningkatan jumlah nasabah dan penggunaan fasilitas BBS Mobile disetiap tahunnya. Kata Kunci : Pemasaran, Digital, Minat
Diterbitkan
2024-10-23
##submission.howToCite##
Argantara, Z. R., & Khofifah, I. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BPRS BHAKTI SUMEKAR MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENARIK MINAT NASABAH. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 195-211. https://doi.org/10.53515/lantabur.2024.5.2.195-211
Terbitan
Bagian
Articles