Reputasi Perusahaan Melalui Islamicity Performance Index (IPI) Pada Lembaga Keuangan Syariah
Abstrak
Berkembangnya lembaga keuangan syariah akan sangat ditentukan oleh kepercayaan para nasabahnya. Hal ini karena semua lembaga keuangan dituntut untuk merespon kenyataan bahwa penyedia dana (pemegang saham dan deposan) dan pemangku kepentingan lainnya memiliki keinginan. Jika lembaga tidak memenuhi harapan mereka, mereka tidak akan mau menyediakan dana atau bekerja sama dengan baik. Maka lembaga keuangan syariah harus bekerja lebih keras dalam membangun kepercayaan terhadap nasabahnya. Jenis penelitian ini adalah pendekatan normative melalui kajian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama lembaga keuangan syariah harus membangun reputasi yang baik agar supaya mendapatkan kepercayaan dari masyarakat secara luas yang didasarkan pada identitas dan citra lembaga tersebut. Kedua islamicity performance index (IPI) dapat membangun reputasi yang baik terhadap lembaga keuangan syariah dengan beberapa indeks yang digunakan yakni profit sharing ratio (PSR), Zakat Performance Ratio (ZPR), Equitable Distribution Ratio (EDR), Directors-Employee Welfare Ratio (DEWR), Islamic Income Ratio (IIcR) dan Islamic Investment Ratio (IIvR). Kata kunci : lembaga keuangan syariah, reputasi Perusahaan, islamicity performance index
Diterbitkan
2024-10-28
##submission.howToCite##
Ulum, B. (2024). Reputasi Perusahaan Melalui Islamicity Performance Index (IPI) Pada Lembaga Keuangan Syariah. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 241-253. https://doi.org/10.53515/lantabur.2024.5.2.241-253
Terbitan
Bagian
Articles