Analisis Jejak Sejarah Pemasaran yang dipraktikkan Nabi Muhammad

  • Moh. Mardi STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Abstrak

Jejak sejarah pada zaman Rasulallah lebih banyak diwarnai tentang keagamaan dan politik namun sangat jarang kita temui dalam sisi ekonomi terlebih dalam masalah ekonomi mikro yang berkaitan dengan pemasaran padahal jika diteliti lebih lanjut Rasullah juga sebagai seorang pedagang yang hebat hal ini bisa menjadi tauladan untuk dunia pemasaran saat ini, maka sangat diperlukan adanya pencarian kembali jejak sejarah pemasaran Rasulallah dengan tujuan nantinya bisa dijadikan sebuah pegangan, referensi dan juga contoh untuk praktik dunia pemasaran saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan metode pustaka dengan mencari berbagai literatur yang berkaitan dengan pemasaran Rasullah. Adapun hasil dari penulisan ini yaitu pemasaran yang ada saat ini telah dipraktikkan langsung oleh Rasulallah sekitar 1400 tahun yang lalu dan apa yang dipraktikkan Rasulallah terus menyesuaikan dengan keadaan apapun dan di manapun serta aktivas Rasulallah dalam melakukan pemasaran tetap bisa dijadikan contoh oleh para pelaku pasar saat ini. Kata Kunci: Pemasaran, Nabi Muhammad, Sejarah  
Diterbitkan
2024-10-28
Bagian
Articles