RELIGIUSITY, PROMOTION AND LIFESTYLE ON STUDENTS CONSUMTIVE BEHAVIOR IN ONLINE SHOPPING

  • Izzah Dienillah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Ahmad Hendra Rofi’illah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Eko Raharto Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Abdur Gafur Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso
  • Wardaniyah Wardaniyah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso

Abstrak

Perkembangan zaman membuat seseorang mengkonsumsi barang dan jasa tidak hanya sesuai dengan kebutuhan, melainkan pada keinginan untuk kepuasan diri sehingga menyebabkan seseorang berperilaku konsumtif. Perilaku seorang konsumen harus mencerminkan religiusitas dirinya kepada Allah SWT. Tetapi dengan adanya promosi, sering kali seseorang lalai dalam berbelanja. selain itu remaja saat ini menganggap bahwa perilaku hedonis merupakan salah satu gaya hidup yang memiliki daya tarik tersendiri bagi remaja.  Tujuan penelitian ini untuk bagaimana religiusitas, promosi dan gaya hidup mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa ketika berbelanja online. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sampel diambil dengan menggunakan metode Simple Random Sampling dan metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Sebanyak 52 mahasiswa sebagai responden. Analisis hipotesis dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online. Sebailiknya promosi dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja online. Keywords : Religiusitas, Promosi, Gaya Hidup, dan Perilaku Konsumtif.
Diterbitkan
2024-10-29
Bagian
Articles