Halal Industry Dalam Peningkatan UMKM Masyarakat

  • Ach. Faqih Supandi Universitas Islam Jember (UIJ)
  • Devina Yulinda Putri Universitas Islam Jember
  • Bastomi Dani Umbar Universitas Islam Jember (UIJ)
  • Hamdiah Nurul Hidayati Universitas Islam Jember (UIJ)
  • Achmad Fawaid Universitas Islam Jember (UIJ)

Abstrak

Indonesia adalah Negara yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam industri halal dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, serta didukung oleh UMKM yang memiliki bagian penting dalam perekonomian Indonesia dengan jumlah penyerap tenaga kerja terbesar yaitu 99,9% dari total pelaku usaha di Indonesia. Kewibawaan yang sudah dimiliki oleh Indonesia saat ini belum segera dimanfaatkan maka akan tertinggal oleh negara lain, karena perkembangan industri halal ini juga diikuti oleh negara lain walaupun negara tersebut mayoritas bukan muslim dan perkembangan industri halal ini terus meningkat dengan seiring meningkatnya permintaan terhadap produk-produk halal. Halal, yang menjadi gaya hidup. Sehingga sangat penting untuk memperkuat UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian, artikel yang membahas topik yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dari berbagai potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk bisa menjadi pelaku pasar di industri halal dunia membutuhkan dukungan dari UMKM yang berbasis syariah yang dapat berdaya saing global. UMKM yang mampu berdaya saing global dengan penguatan sertifikasi halal, sesuai dengan UUD No 33 Tahun 2014, penguatan dalam pemodalan dibutuhkan kontribusi perbankan syariah serta penguatan pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yaitu pelaku usaha agar selalu bisa berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan usaha dan perkembangan teknologi yang berkembang. Kata Kunci : Industri Halal, Peningkatan UMKM, Masyarakat
Diterbitkan
2025-04-17
Bagian
Articles