Pengaruh Kualitas Produk, Kualitasipelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mie Gacoan Cabang Jember

  • Farida Umi Choiriyah Universitas Islam Jember (UIJ)
  • Khittah Ashilah Universitas Islam Jember (UIJ)
  • Wahyu Frastiyo Frastiyo Universitas Islam Jember (UIJ)

Abstrak

Mie Gacoan adalah gerai makanan pertama di Indonesia yang menyajikan menu mie dengan level pedas yang bisa disesuaikan. Salah satu cabangnya berada di kota Jember yang mendapat respon positif dari masyarakat, dimana sejak grand opening hingga saat ini selalu ramai pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial dan secara simultan adanya pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Mie Gacoan Jember yang jumlahnya tidak terbatas serta jumlah sampel sebanyak 150 responden yang loyal yakni dengan kriteria sudah membeli produk Mie Gacoan lebih dari dua kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh pada loyalitas pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji secara simultan mendapatkan hasil kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi sebesar 37%.   Kata kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, loyalitas pelanggan
Diterbitkan
2025-04-17
Bagian
Articles