Analisis Pendidikan Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

  • Siti Halimah Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah Persatuan Guru Republik Indonesia Pasuruan, Indonesia
Keywords: Analisis Pendidikan, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Abstract

Pendidikan dan pengajaran pesantren bagi santrinya secara garis besar seringkali diklasifikasikan menjadi dua tipologi. Pertama, tipe salafiyah yaitu pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dan pengetahuan keislaman Al-Qur’an dan ilmu-ilmu agama lainnya yang merujuk pada kitab-kitab klasik (kuning) dengan menggunakan cara-cara tradisonal. Kedua, tipe khalafiyah yaitu pondok pesantren disamping menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kepesantrenan pada umumnya juga menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal. Karakter tradisional yang melekat dalam dunia pesantren (sesungguhnya) tidak selamanya buruk. Asumsi ini sebetulnya relevan dengan prinsip ushul fiqh, "al-Muhafadhah 'ala al- Qodimi as-Shalih wa al-Akhdu bi al-Jadid al-Ashlah". Artinya, tradisionalisme dalam konteks didaktik-metodik yang telah lama diterapkan di pesantren, tidak perlu ditinggalkan begitu saja, hanya saja perlu disinergikan dengan modernitas. Pondok pesantren Sidogiri tidak terpengaruh dengan adanya modernitas, Ia mampu bertahan dalam ketradisionalannya. Kurikulum Ponpes Sidogiri tidak melebur dengan arus tuntutan jaman sekarang, malah ia mampu mempertahankannya ciri khas pesantren dan mampu mengaktualisasikan eksistensinya di tengah-tengah tuntutan masyarakat. Orientasi Ponpes Sidogiri murni untuk mendidik manusia dan mencetak mereka menjadi manusia berakhlak mulia. kesungguhan untuk benar-benar mengabdi pada masyarakat ditunjukkan oleh pesantren sejak dari seorang santri mulai masuk, dimana kesungguhan santri dan orang tua bisa dilihat dari kegigihan mereka mencari tempat untuk menuntut ilmu, tidak sekadar ikut popularitas. Karakter pondok juga ditunjukkan oleh keikhlasan kyai untuk benar-benar mendidik santri secara tulus tanpa rasa pamrih dan imbalan apapun.

References

Arman. http://armancoy37.blogspot.com/2012/11/profil-pondok-pesantren-sidogiri.html. diakses 13 Januari 2013
Dhofier, Zamakhsyari. 1994. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup kiai. Jakarta: LP3ES
Fathol Halik Pendidikan Pesantren di Tengah Tantangan Politisasi dan Globalisasi, Jurnal KARSA, Vol. XV No. 1 April 2009., hal 36 http://www.karsa.stainpamekasan.ac.id/index.php/jks/article/viewFile/58/47// diakses tanggal 27 Desember 2012
Mastuki, HS. El-sha, dan Ishom, M. 2006. Intelektualisme Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka
Nur Hasyim Saiful Anam, http://www.piss-ktb.com/2012/02/523-pesantren-jatim-pp-sidogiri-putra.html. diakses 12 Januari 2013
Priyanto, Dwi. 2006. Inovasi Kurikulum Pesantren (Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan) Jurnal Ibda`P3M STAIN Purwokerto Vol. 4 No. 1 Jan-Jun.
S. Karni, Asrori. 2009. Etos Kerja Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam. Bandung: Mizan
Yanuar, Membongkar Tradisionalisme Pendidikan Pesantren; "Sebuah Pilihan Sejarah" http://yanuar.student.umm.ac.id/2010/01/30/membongkar-tradisionalisme-pendidikan-pesantren-sebuah-pilihan-sejarah/ diakses tanggal 27 Desember 2012
Published
2017-12-13
How to Cite
Halimah, S. (2017). Analisis Pendidikan Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 190-205. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3014
Section
Articles