Strategi Arak-Arakan Kuda dalam Menstimulus Khatam al Qur’an Bagi Anak di Purworejo

  • Zainal Muttaqiin, Sekolah Tinggi Agama Islam nahdlatul ulama (STAINU) Purworejo, Indonesia
Keywords: Strategi Arak-Arakan Kuda, Menstimulus Khatam al Qur’an, Bagi Anak di Purworejo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap strategi arak-arakan kuda dalam menstimulus anak-anak dalam mengkhatamkan al Qur’an di Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran al Qur’an di Purworejo tetap mempertahankan sistem tradisional (talaqqi 30 juz) meskipun terbuka dengan berbagai metode modern. Oleh karena itu festifal arak-arakan kuda telah memberikan stimulus dan reward bagi santri yang berusia sekolah dasar untuk mengkhatamkannya.  Keberadaan arak-arakan kuda secara tidak langsung juga berfungsi untuk melestarikan sanad al Qur’an yang tidak mungkin didapatkan melalui belajar mandiri, melainkan harus belajar secara talaqqi dengan guru.  

References

Said Ramadhan al Buthi, Muhammad. 2006. Sirah Nabawiyah terj. Aunur Rafiq Shaleh Tahmid. Jakarta: Robbani Press.
Madjid, Nurcholish. 2008. Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hafidz, W. A. 2005. Kamus Ilmu Al Qur’an. Wonosobo: Amzah.
Admin. 2023. Cara Tanamkan Cinta Pada Nabi Dan Rasul Sejak Dini Kepada Anak, Nahdlatul Ulama Kota Madiun, nukotamadiun.or.id
Published
2024-10-29
How to Cite
Zainal Muttaqiin,. (2024). Strategi Arak-Arakan Kuda dalam Menstimulus Khatam al Qur’an Bagi Anak di Purworejo. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(1), 75-88. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/6113