Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa yang disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru yang dimainkan dengan ceramah serta menghafal rumus. Model Problem Based Learning (PBL) diharapkan dapat dijadikan solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi eksperimentdengan bentuk desain kelompok kontrol yang tidak setara . Sampel dalam penelitian ini yakni kelas Va dan Vb pada salah satu siswa di Sekolah Dasar Negeri di Purwakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal deskripsi dan dokumentasi. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah untuk memperoleh data kuantitatif pretest dan posttest siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.; 2) Terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa sekolah dasar. Dengan model demikian Problem Based Learning (PBL) direkomendasikan oleh penulis sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.Copyright (c) 2023 Melan Aprilianti, Puji Rahayu, Erna Suwangsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.