INOVASI PEMBELAJARAN CEPAT BACA KITAB KUNING MELALUI METODE AR-RUMUZ DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KARANGPANDAN REJOSO PASURUAN

  • muhammad khoirul lutfi

Abstract

Dapat membaca kitab kuning secara baik adalah salah satu ciri atau standar keunggulan setiap pesantren, bahkan menjadi salah satu tujuan orang tua memilih pondok pesantren sebagai tempat pendidikan anaknya. Tetapi untuk bisa membaca kitab tidaklah mudah, butuh belajar serius dan kadang harus ditempuh waktu lama jika dilaksanakan dengan metode-metode konfensional. Dari permasalahan inilah kini muncul banyak metode untuk bisa membaca kitab dengan cepat, termasuk metode Ar-Rumuz dan inovasi pembelajarannya. Metode Ar-Rumuz merupakan metode cepat baca kitab yang menggunakan cara dril atau membaca kolosal dengan berinovasi tiga tingkatan, yaitu: horizontal, vertikal satu dan vertikal dua. Dari tiga tingkatan tu santri sudah bisa membaca kitab kuning. dan metode Ar-Rumuz dalam pembelajarannya menggunakan cara membuat peta konsep dalam memperdalam materi ajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti melakukan penelitian dengan alamiah menankap semua apa yang terjadi dilapangan secara langsung untuk dijadikan data. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pendakatan yang dilakukan menggunakan deskriptif. Sedangkan analisisnya mengunakan deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan apa yang peneliti demukan di lapangan Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) metode Ar-rumuz merupakan inovasi pembelajaran cepat baca kitab kuning yang digagas oleh oleh gus Haidar AlMunjidi, M.HI, beliau adalah pengasuh di asrama B pondok pesantren Darul Ulum karangpandan. (2) dalam penerapannya  metode Ar-Rumuz menggunakan cara membaca kolosal yang biasa disebut TS (tarung Sastra) pada waktu setelah shalat dhuhur, shalat ashar dan setelah shalat maghrib. Kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat santri dalam bisa membaca dan tidak perlu untuk menghafal. Sedangkan dalam pendalaman materi, metode Ar-rumuz menggunakan cara membuat peta konsep dari berbagai kitab.(3) keunggulan metode Ar-Rumuz perttama berada pada kitab terbitan ar-rumuz dengan memakai desain kitab sendiri, pada halaman awal ada terjemah perkata bahasa indonesia dan di bagian ahir berupa kitab gundul. Kedua waktu belajar teratur dan ketiga tingkatan metode Ar-Rumuz menilai santri sangat jelas serta dapat memupuk jiwa kompetitif Ilmiah dan penguatan jiwa percaya diri. Adapun kelemahan yang ditemukan di pondok pesantren Darul Ulum diakibatkan factor eksternal santri yakni lelah, santri saat melakukan membaca kolosal dan fokus santri terpecah dengan sekolah formalnya.   Kata Kunci: Inovasi pembelajaran, cepat baca kitab, metode Ar-Rumuz
Published
2019-10-28