Strategi Ceruk Pasar dan Transaksi Syariah dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v1i1.3346Keywords:
Strategi Ceruk Pasar; Transaksi Syariah; Kepuasan; LoyalitasAbstract
Dalam bisnis, kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Penelitian-penelitian tentang kepuasan pelanggan telah banyak dilakukan dan senantiasa akan terus dikaji dan dikembangkan, sebab memperioritaskan kepuasan pelanggan berarti juga menjaga keberlangsungan usaha. Pada artikel ini, penulis mencoba menganalisis kepuasan pelanggan melalui pendekatan strategi ceruk pasar dengan transaksi syariah. Kombinasi keduanya diharapkan menjadi sebuah pilihan strategi pemasaran untuk menggarap pasar syariah yang semakin bersinar. Strategi ceruk pasar dengan spesialisasi bauran pemasaran yang terintegrasi dengan pendekatan transaksi syariah dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pangsa pasar masyarakat agamis. Adapun jika kepuasan dan kepercayaan meningkat maka loyalitas juga ikut terdongkrak. Itulah konsep pemikiran ekonomi Islam yang menekankan pada kerja sama bisnis yang saling menguntungkan dalam jangka panjangReferences
Dirgantoro, Corwn. Manajemen Stratejik: Konsep, Kasus dan Implementasi. Jakarta: PT Grasindo, 2004.
Fauzia, Ika Yunia. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Ferrinadewi, Erna. Merk dan Psikologi Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Hambal, Ahmad bin Muhammad bin. al-Musnad. al-Qahirah: Dal al-Hadith, 1995.
Irawan dan Wijaya, Faried. Pemasaran Prinsip dan Kasus. Yogyakarta: BPFE UGM, 2001.
Jusmaliani, dkk., Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012.
Kotler, Philip. Marketing Insight From A to Z: 80 Konsep yang Harus Dipahami Setiap Manajer, Penerj Anies Lastiati. Jakarta: Erlangga, 2004.
Qardhawi (al), Yusuf. Fiqih Maqas}id Shari’ah. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2007.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi, 2013.
Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 1997.
Wood, Ivonne. Layanan Pelanggan, Cara Praktis, Murah, dan
Inspiratif Memuaskan Pelanggan Anda. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.