Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid

Authors

  • Tri Wahyudi Ramdhan STAI Darul Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3400

Keywords:

Desain, Kurikulum Pendidikan Islam

Abstract

Kajian ini merupakan Library Research atau penelitian pustaka yang  ditulis berdasarkan hasil kajian terhadap berbagai bahan pustaka yang relevan, baik berupa buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang terkait dengan fokus masalah di atas. Data-data yang terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari tulisan ini adalah pembelajaran tauhid dan akhlak harus diprioritaskan dengan arti peserta didik harus dikenalkan dengan ketauhidan terlebih dahulu sebelum materi ibadah dan keterampilan dan juga muatan tauhid harus mewarnai materi-materi pelajaran lain dalam setiap Kompetensi Dasar atau Indikator Pencapaiannya

References

Abd al-Rahman Muhammad ‘Abd al-Muhsin al-Anshari, Ma’alim Ushul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah min Khalal Washaya Luqman li Ibnih, Madinah al-Munawwarah, Majallah al-Jami’ah al-Islamiyyah, 1418 H.
Abbas Mahjub, al-Tarbiyyah Fi ‘Ushuri ma Qabla al-Islam wa Ba’dahu, Jami’ah Ummu al-Qura, 1980.
Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad al-Qurthubi, al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, Dar al-Kutub al-Mishriyyah, Kairo, cet. 2, 1964, Juz 20.
Abu Bakr Ahmad bin Muhammad al-Khallal, al-Sunnah, Riyadl, Dar al-Rayah, cet. 1, 1989, Juz 3.
Abu Bakr Syatha al-Dimyathi, Hasyiyah I’anah al-Thalibin, Dar al-Fikr, cet. 1.
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din, Beirut, Dar al-Ma’rifah, Juz 1.
Abu Manshur Muhammad bin Muhammad al-Maturidi, Tafsir al-Maturidi, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, Beirut Lubnan, cet. 1, 2005, Juz 8.
Abu Muhammad Abdu al-Haqq bin ‘Athiyyah, al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, Beirut, cet. 1, 1422 H., Juz 4.
Ahmad bin al-Husain bin ‘Ali al-Baihaqi, al-Sunan al-Kubra, Haidir Abad, Majlis Dairah al-Ma’arif al-Nizhamiyyah, 1344 H., cet. ke-1, Juz. 2.
Ahmad bin Muhammad al-Tsa’labi, al-Kasyf wa al-Bayan ‘an Tafsir al-Qur’an, Beirut-Lubnan, Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, cet. 1, 2002, Juz 5, h. 113.
al-Husain bin ‘Ali al-Baihaqi, al-Sunan al-Kubra, Beirut, Dar al-Fikr, tt., Juz 3.
Al-Shan’ani, Subul al-Salam, Juz ke-6.
Muhammad Nawawi, Syarh Maraqi al-‘Ubudiyyah, Surabaya, al-HIdayah, tt.
Muhammad Nawawi, Syarh Sullam al-Munajah, Semarang, Karya Toha Putra, tt.
Samsul Nizar, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, Quantum Teaching, Ciputat, cet. I, 2005.
Shafiyyurahman al-Mubarakfury, al-Rahiq al-Makhtum, diterjemah ke dalam Bahasa Indonesia oleh Kathur Suhadi, “Sirah Nabawiyah”, Jakarta Timur, Pustaka al-Kautsar, cet. 23, 2007.
Zakariya bin Muhammad al-Anshari, Ghayah al-Wushul fi Syarh Lubb al-Ushul, Mesir, Dar al-Kutub al-‘Arabiyah al-Kubra.

Downloads

Published

2019-03-16

How to Cite

Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118–134. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3400

Issue

Section

Articles