Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946Keywords:
E-learning, Pembelajaran, Whatsapp, Covid 19Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, penggunaan internet dalam pendidikan terus berkembang. E-leraning merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkat- elektronik baik yang menggunakan akses internet maupun tidak. Di era sekarang ini atau yang dikenal dengan era 4.0 setiap orang dituntut untuk melek digitalisasi lebih-lebih yang menggunakan akses internet. Dalam dunia pendidikan sendiri sudah mulai banyak dikenal beberapa aplikasi/system yang digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan akses internet. Baru-baru ini di dunia khususnya di Indonesia dihebohkan dengan adanya penyebaran wabah virus corona. Dalam dunia pendidikan sendiri salah satu kebijkan yang sangat kita rasakan adalah adanya pemberlakuan belajar dirumah bagi siswa dari semua tingkatan di seluruh Indonesia, tentu sebagai pendidik harus berperan aktif dan inovatif didalam menyikapi kebijakan tersebut. Banyak sekali media pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan oleh seorang pendidik untuk memantau dan mengkontrol pembelajaran siswa dirumah, salah satunya adalah pemanfaatan whatshapp (WA) sebagai media untuk pembelajaran jarak jauh siswa. Dalam tulisan ini akan kita coba untuk menguraiakan seberapa manfaat WA dalam mendukung pemebelajaran jarak jauh siswa, kendala-kendala yang dihadapi dan bagaimana keuntungan/keunggulannya.References
Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Ekonomi 10, no. 1 (2016): 1–18.
Indaryani, Eka, and Dwi Suliworo. “Dampak Pemanfaatan WhatsApp Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika.†Prosiding Seminar Nasional Quantum 25 (2018): 25–31.
Kusuma, Ade. “E-Learning Dalam Pembelajaran.†Lentera Pendidikan 14 (2011): 35–51.
Mudarris, Mudarris. "METODE FORWARD AND BACKWARD STEPS SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NURUL AMANAH BANGKALAN." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.2 (2018): 115-132.
Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. “P-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Pri.†JISAMAR 4, no. 2 (2020): 30–36.
Prasetya, Marzuqi Agung. “E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning.†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015): 319–338.
Ramdhan, Tri Wahyudin. "Model Pengembangan Kurikulum Multikultural." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 5.2 (2019): 39-53.
Sri Rahayau Candrawati. “Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran.†Jurnal Cakrawala Kependidikan Cakrawala Kependidikan (n.d.): 172–181.
Suryani, Rani. “Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah†(2017).
Trisnani, -. “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat.†Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika 6, no. 3 (2017).
Yuliana. “Corona Virus Diseases (Covid -19); Sebuah Tinjauan Literatur.†Wellness and healthy magazine 2, no. 1 (2020): 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh.
Yusmita, Mei, Zulfiah Larisu, and Saidin. “Pemanfaatan WhatsApp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi *Mei Yusmita ** Dr. Zulfiah Larisu, S.Sos, M.Si., *** Saidin, S.Ip, M.Si.†(2014): 1–12.
Zainiati, Husniyatus Salamah. “Understanding the Cognition Process of the Students Using the Internet as a Learning Resource.†Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2017): 57.
“Penggunaan Media Belajar Whatsaapp.†Skripsi 53, no. 9 (2019): 1689–1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.