Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Publication Ethics

Ulumuna adalah jurnal studi keislaman yang diterbitkan dua kali dalam setahun berbentuk cetak dan during oleh Badan Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (BP3M) STAI Miftahul Ulum Pamekasan. Pedoman publikasi etik ini memuat perilaku etis pihak-pihak yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam penerbitan artikel di Ulumuna, meliputi author, editors, reviewers, dan lembaga penerbit. Pedoman etika publikasi adalah sebagai berikut.

Standart Etik Penerbitan

Terbitan Ulumuna merupakan wadah cendikia dalam dunia publikasi yang dilakukan oleh dosen dan Peneliti. Maka dari itu, setiap person yang terlibat dalam proses terbitan ulumuna dituntu taslim pada standart etika publikasi yang sudah digariskan oleh jurnal Ulumuna.

Sikap Adil Reviewers

Para reviewer menilai naskah berdasarkan substansi dari sebuah karya, tanpa tendensi apapun dengan menampik sentimen SARA, kebangsaan, dan filsafat politik para author.

Kontribusi Reviewers pada Editors dan Author

Penilaian para reviewers sangat membantu editor dalam memutuskan mekanisme editorial melalui komunikasi editorial dengan pihak author, sekaligus membantu penulis untuk menyempurnakan naskahnya.

Kerahasiaan Naskah

Setiap naskah yang diterima untuk dinilai oleh reviewers harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia.

Keaslian

Semua authors wajib memastikan bahwa karya yang dikirim adalah karya sendiri dan dapat dibuktikan keasliannya, serta memastikan system pengutipan dilakukan dengan benar apabila menggunakan hak milik orang lain sebagai sitasi.

Penerbitan Ganda

Setiap authors tidak boleh menerbitkan naskah yang secara substansial menjelaskan penelitian yang sama dalam lebih dari satu jurnal atau penerbit pertama dan utama. Apabila terjadi penyerahan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis.

Tentang Posisi Author

Penulis utama diposisikan sebagai penulis utama (author). Setiap pemberi sumbangsih penting dalam naskah jurnal harus dicantumkan sebagai penulis bersama (co-authors). Jika terdapat orang lain yang ikut serta dalam aspek-aspek penting tertentu dari projek penelitian, mereka harus diakui atau dicantumkan sebagai penyumbang (contributors). 

 

Plagiarisme Chaker

Sebagai upaya menghindari prilaku plagiasi, Ulumuna menggunakan Google Scholar/Google Cendikia dalam mendeteksi tulisan yang dikirim. Sekaligus dibantu juga oleh aplikasi Plagiarisme chaker berbayar.