KONSEP PENDIDIKAN NAWÂWÎ AL-BANTANÎ

Authors

  • Yahya Zahid Ismail STIT Sunan Giri Trenggalek

Keywords:

Kata Kunci, Nawâwî Al-Bantanî, Metode, Pendidikan Islam

Abstract

Dalam konteks Nawâwî Al-Bantanî, Ia memperoleh gelar Sayyid Ulama al-Hijaz, Fuqaha’ dan Hukama terakhir, Imam Ulama al-Haramain dan Guru Besar pada Nasrul Ma’arif Diniyah di Mekah. Menurut suatu sumber, ia mengarang kitab sekitar 115 buah, sedangkan menurut sumber lain sekitar 99 buah, yang terdiri dari Ilmu Tafsir, Akhlak/Tasawuf, Hadits, Teologi, Tarikh, dan lain-lain, dan di antara karya monumentalnya yang orisinal adalah Marâh LabÄ«d TafsÄ«r li Kasyf Ma’na Qurân Majid. Dia juga pernah berdialog langsung dengan Syekh Muh}ammad Abduh (pembaharu pemikiran Islam di Mesir) dan beberapa kali memberikan ceramah di Universitas Al-Azhar. Tujuan pendidikan dalam Islam menurut Nawâwî merupakan refleksi dari fungsi manusia sebagai ‘ubudiyah dan khalifah. Maksud manusia untuk ’ubudiyah ialah semua aktivitas manusia harus dibingkai dengan nilai mardatillah dan kebahagiaan akhirat. Sedangkan fungsi manusia sebagai khalifah adalah bagaimana mengatur kehidupan dan mengolah alam semesta ini untuk kemakmuran bagi manusia sekarang dan generasi mendatang, sekaligus juga ubudiyah. Nawâwî mengatakan: â€pendekatan diri kepada Allah itu merupakan tujuan pendidikan. Orang dapat mendekatkan diri kepada Allah hanya setelah memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu sendiri tidak akan dapat diperoleh menusia kecuali melalui pengajaranâ€

References

Syalabi, Ahmad, Farah al-Tarbiyat al-Islamiyat. Kairo: al-Kasyaf, 1954.
Al-Bantanî, Nawâwî, Marâh} Labīd Tafsīr al-Nawâwî. Kediri: Hidayah al-Tholab, t.t.
--------, Marâqi al-‘Ubûdiyah. Kediri: Hidayah al-Tholab, t.t.
--------, Tījân al-Darâry, Syarh} Risâlah Ibrâhim al-Bâjuri fi al-Tauh}īd. Kediri: Hidayah al-Tholab, t.t.
--------, Nihâyah al-Ziyân fi Irsyad al-Mubtadīn, Kediri: Hidayah al-Tholab, t.t.
--------, Syarh} ‘Uqud al-Lujjayyin fi Bayân H}uqûq al-Zawjâin. Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Thoha Putra, t.t.
--------, Qâmi’ al-Tughyân ‘Ala Manz}ûmah Sya’ab al-Īmân. Kediri: Hidayah al-Tholab, t.t.
--------, Nasâih} al-’Ibâd, Syarh} al-Munabbihât ’ala al-Isti’dâd li Yawm al-Ma’âd (Semarang: Maktabah wa Mathba’ah, Toha Putra, t.t
--------, Bahjah al-Wasâil bisyarh}i Masâil (Semarang: Toha Putera, t.t
--------, Mirqâtu Shu’ud al-Tashdīq fi Syarh}i Sulam al-Tawfiq. Kediri: Hidayah al Tholab, t.t
--------, Syarh} Sulam Al-Munâjâh ‘ala Safīnah As-Sholah Lil muhaqqiq. Hidayah al Tholab, t.t
Al-ShAbûni, Muh}ammad Ali, Al-Tibyân fi ’Ulûm al-Qur’an. Beirut: ’Alam al-Kutub, 1985.
Khallaf, Abdul Wahab, Ushul al-Fiqh. Kairo: Lithaba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, 1978.
Al-Qarashi, Baqir Sharif, Seni Mendidik Islam, ter. Mustofa Budi Santoso. Jakarta: Pustaka Zahra, 2003.
Dhofier, Zamachsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1985.
Al-Qat}t}ân, Mannâ’ Khalīl, Studi Ilmu-ilmu Qur’an, ter. Mudzajir. Bogor: Litera Antar Nusa, 2000.
Al-Qusyairi, Abû Al-Qâsim ‘Abd Karim, Al-Risâlah Al-Qusyairiyyah fi ‘Ilm Al-Tashawwuf. Damaskus: Dâr Al-Khair, 1988.
Salam, Solihin, Sejarah Islam di Jawa. Jakarta: Jaya Murni, 1964.
Hurgronje, Snouck, Kumpulan Karangan Snouck Hurgronje, versi Indonesia. Jakarta: INIS, 1992.
Ahza, Iskandar dan Shalahuddin, Seratus Tokoh Islam Yang Paling Berpengaruh Di Indonesia. Jakarta: PT. Intimedia Cipta Nusantara, 2003.
Mas’ud, Abdurrahman, Intelektual Pesantren. Yogyakarta: LkiS, 2004.
Ensiklopedi Islam, Dewan Redaksi, Ensiklopedi Islam 4. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2003.
Chaidar, Sejarah Pujangga Islam Syeich Nawâwî Albanteni Indonesia. Jakarta: CV. Sarana Utama, 1978.
Arifin, Imron, Kyai, Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimasahada Press, 1993.
Van Bruinessen, Martin , Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1999.
Hafidudin, Didin, Warisan Intelektual Indonesia: Telaah Atas Karya-karya Klasik. Bandung: Mizan, 1990.
Dhofier, Zamachsyari, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1985.
Qomar, Mujamil Pesantren Dari Transformasi Metodoogi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, t.t.
Amin, Ma’ruf dan Anshory, M. Nasruddin, Pemikiran Syekh Nawâwî dalam Pesantren. Jakarta: P3M, 1989.
H. Rafiudin, Sejarah Hidup dan Sisilah al-Syekh Kiyai Muh}ammad Nawâwî Tanara. Tanara: Yayasan An-Nawâwî, 1399 H.
Ma’luf, Louis, Al-Munjid, Al-Katsulikiya. Beirut: t.p., 1931.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
Al-Ghazaliy, Abû Hamid Muh}ammad bin Muh}ammad bin Muh}ammad, Ihya’ Ulûmiddīn, Semarang: Maktabah wa Mathba’ah Thoha Putra, t.t.
Rasjid, H. Sulaiman, Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.

Published

2015-12-11

How to Cite

Ismail, Y. Z. (2015). KONSEP PENDIDIKAN NAWÂWÃŽ AL-BANTANÃŽ. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 121–145. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1159

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.