KONTRIBUSI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN AN-NÂSYIIN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Authors

  • Ainul Yaqin STAI Miftahul Ulum

Keywords:

Curriculum of Islamic Boarding School, Target of National Education

Abstract

Dalam struktur pendidikan nasional, pesantren merupakan salah satu subsistem yang bergerak dalam bidang pendidikan. Hal ini tidak hanya karena historis kemunculannya yang relatif lama, tetapi juga karena pesantren telah secara aktif dan kontinu ikut andil dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memberikan pencerahan terhadap masyarakat, sebagaimana pesanten An-Nâsyiin yang telah berumur setengah abad lebih, dari penyelengaraan pendidikan lembaga yang berada di bawah naungannya telah banyak memberikan kontribusi yang konkrit dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hal ini dapat dibuktikan kebenarannya dari model pengembangan kurikulum pendidikannya yang mengacu pada integrated curriculum, yaitu kurikulum kepesantrenan, Kemenag dan Kemendikbud yang ketiganya ini dipadu dan dikemas dalam intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler pesantren, sehingga dengan adanya integrasi kurikulum tersebut, peserta didik (santri) An-Nâsyiin memiliki prestasi pengetahuan dalam bidang akademik keagamaan, akademik umum, akademik emosional-spiritual dan keterampilan, yang mana keempat prestasi tersebut merupakan beberapa indikator dari tujuan pendidikan nasional

References

Asrori, Mohib. Tinjauan Pondok Pesantren Dalam Wacana Pendidikan Islam dalam: http://gurutrenggalek.blogspot.com/2009/12/. (Diakses tgl 15/01/2013).
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Penerbit Kalimah, 2001.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Arab Saudi: Kemenag Kerajaan Arab Saudi, 1971.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas untuk Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2009.
Hakim, Lukman, Arah Pengembangan Pendidikan Pesantren dalam Bingkai Sistem Pendidikan Nasional, Tajdid Jurnal Ilmu-ilmu Agama Islam dan Kebudayaan, 01 November, 2008.
Hasbullah, Ach, Fauzi. Wawancara, Pamekasan, 06 Maret 2014.
Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Kurdi, Moh. Wawancara, Pamekasan, 11 Maret 2014.
Masyhud, M. Sulthon dan Moh. Khusnuridlo. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2003.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Rema Rosda Karya, 2008.
Muhtadin AR. Tabloid Pondok Pesantren Untuk Kemaslahatan Umat. Tangerang: LekDis, 2009.
Mun’im, Rafiq Zainul, A. Jurnal Pendidikan islam (Surabaya: Peran Pesantren Dalam Education For All Di Era Globalisasi, Vol. 01, No. 01, Juni, 2009.
Nasiruddin, Moh. Wawancara, Pamekasan, 09 Maret 2014.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.
Qamar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2005.
Safrodin, Muhammad. Sekolah Kepribadian Ala Pesantren dalam: http://mirror .unpad.ac.id/Koran/mediaindonesia/2010-09-13. (Diakses tgl 17/01/2013).
Sekretariat Negara RI, PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, dalam: http://www.presidenri.go.id/DokumenUU.php/104.pdf (Diakses tgl 27/03/2013).
Sekretariat Negara RI, PP No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. dalam: http://www.dikti.go.id/tatalaksana/upload/pp_55_2007.pdf (Diakses tgl 27/03/2013).
Sholeh, Badrus. Budaya Damai Komunitas Pesantren. Jakarta: Pustaka LP3ES, 2007.
Solikin AR, Nur. et. al. Percikan Pemikiran Mazhab Mangli. Jember: STAIN Jember Press, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA, 2009.
Sulthon, M. dan Moh. Khusnuridlo. Manajemen Pondok Pesantren Dalam Perspektif Global. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2006.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Cet IX. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
Taufik, M. Tata. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan dalam: http://www.tata.al-ikhlash.net%2Fpesantren.pdf. (Diakses tgl 13/01/2013), 2005.
Tim Penyusun, Visi, Misi, Strategi Dan Program Ditpekapontren, Jakarta: Depag RI, 2003.
Tim Redaksi Fokus Media. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Bandung: Fokus Media, 2006.
Ushuluddin, Win. Sintesa Pendidikan Islam Asia-Afrika: Perspektif Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Menurut Zarkasyi-Gontor. Yogyakarta: Paradigma, 2002.
Wahid, Abdurrahman. Memahami Peran Budaya Pesantren dalam: http://dalulkhoir.blogspot.com/2009/03/. (Diakses tgl 14/01/2013).
Wulandari, Indah. Santri Tulen dan Murid Santri Sama-sama Dapat Beasiswa Kemenag dalam http: republika.co.id. (Diakses 20 Oktober 2015).

Published

2015-12-11

How to Cite

Yaqin, A. (2015). KONTRIBUSI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN AN-NÂSYIIN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2). Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1622

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.